Kamis, 15 Mei 2014

Selamat tinggal Android: preview OS TIZEN di Samsung Galaxy Gear


Dengan dirilisnya Gear 2 dan Gear 2 Neo yang berbasis sistem operasi (OS) TIZEN, muncul kekhawatiran di kalangan pemilik Galaxy Gear lama yang berbasis Android bahwa mereka tidak akan mendapat upgrade karena perbedaan sistem operasi. Namun kemudian Samsung menegaskan bahwa mereka akan segera membuang Android pada Galaxy Gear untuk diganti dengan TIZEN. Dan sekarang nampaknya hal itu akan segera terwujud.

Berdasarkan video hands-on yang baru saja diposting, situs Sammobile mengatakan bahwa software TIZEN untuk Galaxy Gear masih dalam tahap awal. Walaupun begitu, upgrade baru ini telah membawa banyak fitur dan fungsi baru Galaxy Gear seperti yang ada pada Gear 2 dan Gear 2 Neo. Galaxy Gear sekarang dapat mengukur pola tidur penggunanya menggunakan mode Sleep, juga dapat melacak metode latihan penggunanya secara real time menggunakan modus Exercise.

Saat masih menggunakan Android, Galaxy Gear hanya dapat melacak jejak menggunakan Pedometer. Samsung juga menambahkan pemutar musik yang mandiri seperti Gear 2, yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan koleksi musik pada smartwatch mereka.

Sebelumnya saat masih menggunakan Android, ada shortcut double tap untuk kontrol cepat di mana pengguna bisa mengatur kecerahan layar dan volume suara. Dengan TIZEN, pengguna kini dapat menyesuaikan shortcut double tap dan mengaturnya untuk setiap aplikasi yang diinginkan. Karena perubahan ini, Samsung telah menciptakan sebuah aplikasi Control terpisah, jadi jika pengguna ingin fungsi quick control mereka kembali cuma perlu memilih aplikasi Control sebagai jalan pintas.

Selain itu, pengguna dapat memilih antara gaya font yang berbeda, menetapkan wallpaper yang bisa dikustomisasi, memilih ukuran ikon home, menghubungkan headset bluetooth dan mengatur privacy lock. Samsung juga memperkenalkan perintah suara di aplikasi kamera. Hampir semua fitur dari Gear 2 dan Gear 2 Neo hadir melalui update baru ini, kecuali WatchON Remote and Heart Rate Monitor.

Dan update ini juga menghilangkan kata "Galaxy" dari Samsung Galaxy Gear menjadi cuma Samsung Gear.

Sampai saat ini Samsung belum mengumumkan kapan pengguna Galaxy Gear bisa mendapatkan upgrade ke TIZEN. Anda bisa melihat sendiri kinerja Galaxy Gear dengan OS TIZEN melalui video berikut.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar