Selasa, 06 Mei 2014

Samsung: Open Source telah "melahap" dunia software


Samsung Electronics berkeinginan untuk terus meningkatkan peran kepemimpinannya dalam berbagai proyek open source karena merasa begitu banyak produk buatannya - dari lemari es hingga ke perangkat mobile - sekarang bergantung pada software open source.

"Saat ini Anda tidak akan bisa membangun sebuah produk tanpa menggunakan software open source," kata Ibrahim Haddad, pimpinan dari open source innovation group di Samsung Research America, kepada The Wall Street Journal. Software open source telah menjadi begitu meluas hingga hal itu telah "memakan" dunia software, katanya, sambil mengutip pepatah populer di Silicon Valley. Ibrahim Haddad berbicara pada Senin (5/5) kemarin di Open Business Conference di San Francisco.

Menurut Ibrahim Haddad, Samsung telah melakukan pergeseran di mana sekarang lebih menekankan pada inovasi software dan software open source sebagai jalan tercepat untuk berinovasi. Samsung perlu mengembangkan software yang inovatif untuk mengatasi tekanan kompetitif yang signifikan; menggunakan software open source di daerah di mana tidak harus membedakan dirinya untuk memungkinkan pengembang untuk lebih berkonsentrasi pada aspek pengembangan produk di mana perusahaan benar-benar dapat membedakan dirinya, jelas Ibrahim Haddad.

Untuk mencapai tujuan ini, Samsung telah membuka Open Source Office di kantor pusat perusahaan pada tahun 2012. Samsung kemudian mendirikan Open Source Group di Silicon Valley pada tahun 2013. Samsung juga ingin mempekerjakan kontributor utama dan pemimpin dalam berbagai proyek open source. Ibrahim Haddad, yang sebelumnya direktur teknologi dan aliansi di Linux Foundation, mulai dipekerjakan oleh Samsung pada bulan Februari 2013.


Samsung juga telah melakukan berbagai upaya terpadu untuk meningkatkan kontribusi untuk berbagai proyek termasuk kernel Linux, kernel sistem operasi mirip Unix yang digunakan oleh berbagai sistem operasi. Dalam beberapa bulan pertama di tahun 2014, Samsung bahkan telah menduduki peringkat keempat di antara kontributor untuk kernel Linux, naik dari posisi 27 sekitar enam tahun yang lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar