Senin, 19 Mei 2014

Samsung kuasai 71% pangsa pasar smartwatch dunia di Q1 2014


Berdasarkan data yang telah diumumkan, Samsung Electronics berhasil menguasai 71 persen dari pasar global untuk smartwatch pada kuartal pertama 2014.

Menurut data dari firma riset industri teknologi Strategy Analytics, Samsung telah mengirimkan 500.000 unit smartwatch selama tiga bulan pertama tahun ini. Ini merupakan peningkatan dalam hal pangsa pasar untuk Samsung dari 52,4 persen pada tahun 2013, dimana ketika itu mereka berhasil menjual 1 juta unit smartwatch di seluruh dunia.

Data juga mengungkapkan kalau Sony asal Jepang dan Pebble dari Amerika Serikat masing-masing menguasai 11,4 persen dari pangsa pasar pada periode Januari-Maret dengan pengiriman 80.000 unit. Sedangkan Motorola dan Qualcomm masing-masing telah mengirimkan 10.000 unit untuk mengambil pangsa 1,4 persen.

Angka-angka penjualan pada kuartal pertama ini buat Samsung, yang juga pembuat smartphone terbesar di dunia, memberikan banyak makna mengingat bahwa konsumen telah melakukan pembelian karena mereka mengetahui bahwa perusahaan itu akan meluncurkan perangkat wearable baru.

Samsung mulai menjual perangkat smart wearable baru berbasis sistem operasi (OS) TIZEN seperti Gear 2, Gear 2 Neo, dan Gear Fit pada bulan April. Sementara perangkat yang lama Galaxy Gear direncanakan akan segera mendapat update ke TIZEN.

Strategy Analytics mengatakan satu-satunya kemungkinan adanya ancaman bagi dominasi Samsung di pasar smartwatch adalah "iWatch" dari Apple yang diharapkan akan tersedia di pasar pada akhir tahun ini.

Pengamat industri mengatakan bahwa selama kuartal pertama penjualan smartwatch global diperkirakan mencapai 700.000 unit, naik tajam dari penjualan per-kuartal dari 475.000 unit tahun lalu. Pengiriman global gabungan smartwatch diperkirakan akan mencapai 3 juta unit pada tahun 2014.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar