Sabtu, 24 Mei 2014

Mantan eksekutif Samsung membuat OS untuk mobil buat Hyundai dan Kia


Hyundai Motor Group telah mengembangkan platform aplikasi global untuk mobil. Konsumen yang membeli mobil Hyundai atau Kia dalam waktu dekat akan dapat men-download dan menggunakan aplikasi untuk mobil di mana saja.

Menurut siaran press Hyundai Motor Group pada 22 Mei kemarin, pusat R&D bersama mereka baru saja menyelesaikan pengembangan platform aplikasi global untuk mobil. Platform aplikasi global ini adalah sistem operasi untuk mobil yang setara dengan Google Android dan Apple iOS.

Hyundai dan Kia berencana untuk menempatkan platform aplikasi baru ini di mobil baru mereka mendatang. Seorang pejabat dari Hyundai Motor Group mengatakan, "pembangunan bersama dalam platform aplikasi mobil oleh Hyundai Motor dan Kia Motors telah selesai dan diterapkan di beberapa LF Sonata untuk pengujian."

Berkat pengembangan platform terpadu, pengembangan aplikasi untuk platform baru ini diharapkan untuk mengikuti. Hyundai dan Kia telah merekrut Hwang Seung-ho, mantan wakil presiden di Samsung Electronics, sebagai direktur Departemen Layanan IT untuk Mobil (wakil presiden).

Departemen Layanan IT untuk Mobil adalah divisi yang bertanggung jawab atas pengembangan mobil pintar melalui telematika, yang merupakan layanan yang memungkinkan akses ke berbagai informasi termasuk web, e-mail dan file musik melalui telekomunikasi saat mobil bergerak.

Orang dalam industri TI mengatakan, "Karena sistem operasi yang telah dibuat didasarkan pada jaringan nirkabel, perusahaan software cenderung untuk menindaklanjuti dengan mengembangkan aplikasi khusus untuk mobil." Hyundai Motor Group juga bertekad untuk bersaing dengan pengembangan aplikasi. Seorang pejabat Hyundai Motor mengatakan, "Kami akan mengidentifikasi kebutuhan konsumen kami untuk mempercepat pengembangan aplikasi yang disesuaikan untuk mobil."

Hyundai adalah anggota dari konsorsium Automotive Grade Linux (AGL) yang menjadikan sistem operasi TIZEN sebagai platform referensi. Menurut Andrew Till, pimpinan dari bisnis mobile dan media di Symphony Teleca yang juga anggota dari AGL, mobil yang berbasis TIZEN akan muncul di pasar pada tahun 2015 atau 2016 dan dia mengharapkan Hyundai akan memimpin pada peluncuran mobil dengan OS TIZEN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar