Rabu, 30 April 2014

TIZEN akan ada di balik layar setiap perangkat elektronik


Industri elektronik konsumen memiliki ramuan rahasia: sistem operasi TIZEN. Dan tanpa sepengetahuan Anda, TIZEN sekarang mungkin sedang mengontrol perangkat yang Anda gunakan atau perangkat berikutnya yang Anda beli.

TIZEN telah sepenuhnya dikembangkan sebagai sistem operasi dan ditempatkan di berbagai lini produk elektronik. Produk-produk ini biasanya memiliki kata "Smart" dalam nama mereka - seperti misalnya Smart TV, smartphone, smartwatch, Smart Camera dan tentu saja Smart Refrigerator atau kulkas pintar. TIZEN dapat ditemukan dalam sistem infotainment di dalam kendaraan juga.

"TIZEN telah digunakan dalam produk untuk waktu yang lama bahkan sebelum resmi diumumkan," kata Brian Warner, direktur layanan klien dan operasi di Linux Foundation dan manajer dari Proyek TIZEN kepada LinuxInsider.

"Sejujurnya, ini tidak mengejutkan saya. Inti dalam membeli kamera adalah untuk mengambil beberapa foto yang bagus -- bukan apa sistem operasinya," katanya. "Ini bukan pertanyaan tentang berapa banyak unit TIZEN telah terjual pada kuartal pertama setelah diperkenalkan. Sebaliknya, TIZEN telah keluar dengan bisikan dan tidak dengan keras."

Menurut Brian Warner, ide asli di balik TIZEN adalah konsep menciptakan sebuah sistem operasi yang berbeda. Tujuannya adalah untuk menciptakan sesuatu yang akan bekerja untuk berbagai jenis perangkat. Salah satunya adalah ponsel.

"Jadi, ketika pengguna mengambil perangkat TIZEN, ia tidak akan melihat satu layar pun dengan jelas yang menampilkan merek TIZEN. TIZEN akan berjalan di balik layar. Itulah daya tarik terbesar untuk pengembang produk. Mereka dapat menaruh kreasi mereka sendiri untuk apa yang akan dilihat oleh pengguna akhir dan TIZEN masih akan berada di balik layar dan tidak akan bersaing dengan sesuatu yang lain yang terlihat dengan cara yang sama," kata Brian Warner.

Pernyataan ini senada dengan yang diutarakan oleh Hong Won-pyo, presiden Samsung Media Solution Center (MSC), ketika dimintai pendapatnya tentang pengaruh merek TIZEN buat konsumen. "Saya tidak selalu berpikir nama TIZEN adalah merek yang penting bagi konsumen. Mengintegrasikan software dengan hardware untuk membuat produk yang bagus - itu yang kita ingin untuk berkomunikasi dengan konsumen."

Wawancara selengkapnya dengan Brian Warner bisa Anda ikuti di situs LinuxInsider.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar