Kamis, 24 April 2014

Sekilas TIZEN 3.0 IVI User Experience


Platform Automotive Grade Linux (AGL) User Experience (UX) sepenuhnya ditulis dalam HTML5 dan JavaScript. Platform ini menggunakan TIZEN IVI web runtime yang menjadi interface dengan kendaraan melalui plugin yang berkomunikasi dengan bus kendaraan melalui Automotive Message Broker (AMB).

Web runtime yang saat ini digunakan berbasis Webkit tapi TIZEN akan bermigrasi ke Crosswalk dalam beberapa bulan ke depan. Crosswalk adalah web runtime environment yang lebih modern yang berbasis pada Chrome dan Blink. Crosswalk juga memiliki kinerja lebih baik daripada Webkit.

Tujuan dari UX untuk Platform Referensi AGL adalah untuk menunjukkan bagaimana aplikasi untuk dikembangkan dan untuk melaksanakan middleware yang mendasari dan komponen stack dari sistem operasi. Hal ini tidak dimaksudkan untuk menjadi sebuah user interface pada saat produksi.


Home Screen

Home Screen adalah layar default yang disajikan setelah aplikasi diluncurkan. Layar ini menyediakan akses ke pengaturan sistem dan semua aplikasi standar yang terinstal.


Home Screen menyajikan pilihan berikut ini:
  1. Daftar ikon yang menyediakan akses ke aplikasi utama yang terinstal.
  2. Menu Settings untuk pilihan pada tingkatan sistem.
  3. Inforwasi Tanggal dan Jam.
  4. Tujuh Info-Dial yang membuka aplikasi utama termasuk Smart Device Link, Media Player, pengontrol HVAC, Navigasi, Dashboard dan toko aplikasi.
  5. Ikon yang mendaftar semua aplikasi yang telah diinstal.

Dalam semua contoh aplikasi, sentuhan sederhana diperlukan untuk meluncurkan sebuah aplikasi tertentu.




Dashboard

Aplikasi ini menampilkan informasi status tentang kendaraan dan sebagian besar bersifat pasif dalam hal tindakan yang diperlukan dari sopir. Di bagian bawah ada dua tombol untuk menghidupkan dan mematikan layar belakang. Selain itu ini adalah layar yang terutama berisi status kendaraan saat ini. Ketika Anda selesai dengan aplikasi ini bisa menyentuh panah kembali di sudut kiri bawah untuk kembali ke Home Screen.


Fitur pada layar Dashboard meliputi:
  1. Level sisa baterai dan perkiraan mileage
  2. Lokasi dan kondisi cuaca
  3. Level tekanan untuk ban kiri depan
  4. Level tekanan untuk ban kanan depan
  5. Status aktivasi Child Lock
  6. Level tekanan untuk ban kiri belakang
  7. Level tekanan untuk ban kanan belakang
  8. Konsumsi energi rata-rata
  9. Togel on/off untuk layar belakang untuk kedua sisi kiri dan kanan.
  10. Status mesin dan MPH (bila sedang bergerak)
CATATAN: Fitur No.9 adalah menggunakan sentuhan




HVAC

Heat, Ventilation and Air Conditioning (HVAC) menyediakan kontrol UI untuk mengoperasikan sub sistem mobil ini dari tizen.vehicle API, terutama menggunakan modul CarIndicator dari carIndicator.

Ada sejumlah kontrol aktif untuk kendaraan termasuk lampu hazard, pemanas jok, kontrol suhu untuk sisi kanan dan kiri, kecepatan kipas, air flow, defrost, AC, dan re-sirkulasi. Untuk masing-masing fitur, pengguna menyentuh ikon yang sesuai dan menyesuaikan pengaturan dengan menggeser atau mengaktifkan.


Fitur yang hanya membutuhkan sentuhan meliputi:
  1. Lampu Hazard
  2. Pemanas jok
  3. Air Flow
  4. A/C
  5. Auto
  6. Re-sirkulasi
  7. Kontrol defrost
Fitur yang memerlukan sentuhan kemudian geser atau menggesek meliputi:
  1. Kontrol suhu untuk sisi kanan dan kiri.
  2. Kecepatan Kipas
Tutup aplikasi ini dengan menyentuh panah besar di bagian bawah layar.




Google Maps

Ini adalah sebuah aplikasi navigasi berbasis pada Google Maps API. Fitur yang dimiliki meliputi perencanaan perjalanan, arah turn-by-turn sebagai teks dan panah, dan update rute langsung pada peta. Peta dapat doperbesar dan diperkecil dan beralih ke tampilan satelit, dan dapat menandai tempat-tempat menarik di lokasi yang dipilih pengguna.

Aplikasi navigasi ini juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan Google Maps untuk navigasi berkeliling di set standar dari waypoints di Places library dengan fitur Text-To-Speech. Navigasi tidak menggunakan GPS tapi update posisi penanda di sepanjang rute dalam interval periodik.

Google Maps Navigator adalah sebuah aplikasi HTML5 yang memungkinkan pengguna untuk merencanakan perjalanan dan mendapatkan petunjuk. HMTL dibangun dengan cepat dan ditata dengan CSS untuk menyajikan aplikasi untuk pengguna dalam TIZEN environment.




Multimedia

Aplikasi DLNA Media Player memungkinkan pengguna untuk memutar konten audio dan video dari sumber-sumber lokal melalui tizen.content API dan konten remote DLNA melalui IVI WRT MediaServer API. Aplikasi menggunakan unsur-unsur audio dan video berbasis HTML5 untuk pemutaran konten dari sumber.

Bagian atas aplikasi berisi konten media carousel (carouFredSel) dalam kasus konten audio dipilih atau rendering video (elemen video HTML5).

Bagian dari aplikasi berisi informasi dasar tentang memainkan konten audio/video seperti thumbnail, judul, nama artis, nama album, durasi dan kontrol seperti play, pause, next, previous, volume. Ditambahkannya aplikasi pemutar multimedia dapat dikontrol dengan menggunakan speech recognition melalui Speech component.

Konten audio/video yang akan diputar dapat dipilih dari komponen MultimediaLibary. Pemutaran konten audio dan video dikendalikan oleh komponen AudioPlayer.




News

News adalah sebuah aplikasi HTML5 yang menyajikan ringkasan artikel dari AFP dalam kategori Top News, Entertainment and Sports.

Kedua menghadirkan pandangan teks lengkap dan ringkasan dengan fitur sentuhan satu jari untuk scrolling memanfaatkan iScroll 4 library open source (lisensi MIT). Data diambil dari feed XML AppCarousel/Wmode untuk setiap kategori melalui fungsi ajax jQuery dan diterjemahkan ke dalam HTML secara langsung yang murni pada sisi klien (meskipun XSLT tidak digunakan). CSS, termasuk CSS3, digunakan untuk style pada lapisan presentasi untuk TIZEN IVI environment.

Fitur untuk aplikasi News meliputi:
  • Tanggal dan waktu saat ini
  • Akses ke layar Setting
  • Daftar ringkasan pandangan untuk setiap kategori
  • Grafis thumbnail dan sampel teks untuk setiap artikel dengan tanggal
  • Gulir dengan satu jari
  • Melihat artikel lengkap dengan semua tiga kategori di atas




Bluetooth Phone

Aplikasi BlueZ/oFono ini menyediakan panggilan suara dari ponsel yang dipasangkan dengan bluetooth.

Fitur untuk Bluetooth meliputi:
  • Melihat perangkat yang tersedia dalam jangkauan
  • Memasangkan dengan perangkat
  • Menampilkan status berbagai perangkat
  • Memilih perangkat dengan sekali izin untuk saling dipertukarkan
  • Men-download informasi seperti kontak dari perangkat
  • Membiarkan interaktivitas antara perangkat secara bergantian
Fitur untuk Ponsel meliputi:
  • Membuat dan menerima panggilan secara manual maupun melalui daftar kontak
  • Melihat panggilan terakhir yang dibuat di salah satu dari perangkat
  • Melihat kontak

Untuk menjalankan aplikasi Ponsel pengguna menyentuh ikon telepon di bagian atas perangkat (bentuk handset), atau dapat diluncurkan melalui layar application. Jika koneksi Bluetooth belum ditetapkan, maka akan muncul teks "NO BT DEVICE SELECTED.”




MOST Audio Controls

Aplikasi Audio Control memungkinkan pengguna untuk mengontrol setting (volume, bass, treble, surround sound, dll) dari MOST audio amplifier melalui tizen.most API.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar