Rabu, 30 April 2014

Platform TIZEN TV dan TIZEN TV SDK akan diperkenalkan saat Tizen Developer Conference 2014


Platform TIZEN TV telah dikembangkan untuk produk Smart TV di Samsung Electronics. Platform ini didasarkan pada arsitektur TIZEN Mobile serta menambah dan menghapus beberapa komponen utama sesuai dengan fitur Smart TV. Sesuai jadwal yang telah disusun, platform TIZEN TV dan TIZEN TV SDK akan diperkenalkan kepada publik saat berlangsungnya Tizen Developer Conference (TDC) 2014 yang akan berlangsung pada 2-4 Juni 2014 mendatang di San Fransisco.

Seokjae Jeong dari Samsung Electronics akan menjadi pembicara utama dalam sesi "Overview of Tizen TV Architecture" yang akan memberikan gambaran tentang arsitektur TIZEN TV dan komponen utamanya di hari kedua berlangsungnya TDC 2014.

Walaupun arsitekturnya didasarkan pada TIZEN Mobile, namun berbeda dengan Mobile, TV adalah sebuah platform baru yang diperkenalkan di TIZEN sehingga membutuhkan pengalaman pengguna yang unik yang jauh berbeda dari interface yang berbasis layar sentuh. Dengan layar besar, user interface yang berpusat pada remote control tradisional yang kuno, akan memberikan pengalaman pengguna yang sama sekali berbeda.

Oleh karena itu, Samsung Electronics telah merancang konsep sistem input baru yang memenuhi kesenjangan antara TV dan mobile, mengembangkan modul baru untuk menangani skenario pengelaman pengguna (user experience) yang eksklusif untuk TV. Dalam presentasi berjudul "Tizen TV Context Manager - A Keystone for TV UX," Daehyeon Jung dari Samsung akan menjelaskan tentang konsep yang berfokus pada masukan pengguna melalui pengalaman pengguna dalam Tizen TV, dan pengenalan rinci dari TV Context Manager.

Platform TIZEN TV juga dirancang agar pengembang bisa dengan cepat membuat aplikasi yang menggunakan teknologi standar seperti CSS, HTML5, dan JavaScript. Taedong Lee dari Samsung akan membawakan presentasi yang berjudul "Getting Started with the Tizen TV SDK" yang akan memberikan gambaran tentang lingkungan pengembangan TIZEN TV SDK dan memberikan bimbingan kepada pengembang yang tertarik untuk membuat aplikasi di platform baru ini. Subjek yang akan dibahas meliputi bagaimana menggunakan IDE, emulator, dan toolchain.

TIZEN TV SDK juga mencakup fitur tambahan untuk kemampuan dalam mengedit kode. Dalam sesi berjudul "Tizen TV SDK: Utility Tools for Developers," Taedong Lee dari Samsung akan menjelaskan fitur seperti mengkonversi aplikasi untuk TIZEN, pengukuran kinerja, unit testing, dan desainer UI. Tujuannya adalah untuk membantu pengembang menggunakan semua tool TIZEN TV SDK untuk secara efisien membuat aplikasi TIZEN yang berkualitas tinggi.

Samsung telah mengembangkan platform TIZEN TV dalam waktu yang cukup lama. Selama pengembangan, mereka telah bertemu banyak tantangan dan cara mengatasinya. Sebagai contoh, perlunya pengembangan modul baru untuk TV seperti broadcasting middleware dan system framework untuk perangkat TV. Selain itu, juga perlu akselerasi grafis stack untuk layar Full HD dan mengoptimalkan waktu boot untuk pengalaman pengguna yang lebih baik.

Dalam presentasi yang berjudul "Steps to Adopt Tizen to Smart TV," Semun Lee dari Samsung akan berbagi apa yang telah ia alami dari awal pengembangan TIZEN TV. Peserta akan dapat mendengar sejarah singkat pengembangan perangkat TIZEN baru ini, dan belajar beberapa tips untuk mengoptimalkan kinerja untuk perangkat TIZEN.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar