Selasa, 04 Maret 2014

Samsung rekrut CEO NHN untuk pengembangan software TIZEN


Samsung Electronics telah merekrut mantan kepala pengembang software dari NHN untuk meningkatkan daya saing software. Yoon Dae-kyun (윤대균), yang sebelumnya menjabat sebagai CEO dari NHN Technology Services, kemarin telah diumumkan sebagai wakil presiden senior Samsung Electronics untuk Media Solution Center (MSC).

MSC adalah divisi dari Samsung Electronics yang bertanggung jawab terhadap pengembangan software dan layanan konten, termasuk juga berkontribusi dalam proyek TIZEN. Sedangkan NHN adalah perusahaan internet dan konten terbesar di Korea yang terkenal dengan produk-produknya seperti Naver, portal search engine terbesar di Korea; Hangame, portal game online terbesar di Korea; dan layanan micro-blogging me2day. NHN juga telah memperluas penetrasinya ke Jepang dengan menghadirkan versi Jepang dari Naver dan Hangame serta layanan blog Livedoor dan layanan messaging Line.

Dalam beberapa bulan terakhir, Samsung telah mempekerjakan dua mantan eksekutif NHN lainnya ke Media Solutions Center, termasuk Kim Kyu-ho (김규호), mantan direktur eksekutif di NCSoft dan NHN untuk urusan software, cloud dan game, untuk menjadi kepala tim layanan game di MSC.

Yoon Dae-kyun yang meraih gelar Ph.D. dalam teknik komputer dari University of Southern California, juga pernah menjabat sebagai kepala dari dua afiliasi NHN lainnya, NHN Convergence Center dan NHN Business Platform.

Sebelum bkerja di NHN, Yoon Dae-kyun pernah bekerja di Samsung Electronics, mengambil peran senior dalam bisnis software CDMA, yang meletakkan dasar bagi keberhasilan perusahaan dalam ponsel CDM. Dia juga pernah memimpin Neo Steps, sebuah perusahaan Korea yang mengembangkan software mobile.

Samsung telah meningkatkan upaya untuk meningkatkan divisi software mereka, yang selama ini dianggap tertinggal jauh dari divisi hardware. Selama Mobile World Congress (MWC) 2014 kemarin di Barcelona minggu lalu, Samsung meluncurkan Samsung Gear 2 dan Samsung Gear 2 Neo, wearable device pertama yang yang berjalan pada sistem operasi TIZEN. Samsung juga menjanjikan banyak perangkat TIZEN lainnya seperti TV dan peralatan rumah tangga, serta menerapkan user experience (UX) TIZEN dalam berbagai perangkat Galaxy terbaru.


Sumber LinkedIn via ChosunBiz

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar