Senin, 17 Maret 2014

Perkenalan Weston untuk sistem grafis berbasis Wayland buat TIZEN IVI


Patch terus ditinjau dan disempurnakan untuk memperkenalkan weston-ivi-shell, shell referensi untuk Weston di Wayland compositor dalam dunia sistem In-Vehicle Infotainment (IVI), terutama untuk TIZEN yang menjadi acuan dari Linux Foundation. Nobuhiko Tanibata telah memelopori pekerjaan yang sudah diperkenalkan ke publik sejak awal Maret untuk memberikan shell referensi untuk sistem IVI.

Nobuhiko Tanibata awalnya menjelaskan, "seri Patch ini menambahkan implementasi referensi dari shell untuk sistem In-Vehicle Infotainment; IVI, library pada shell untuk mengelola layout user interface; UI, dan sampel bagaimana menggunakannya"

Shell prototipe ini telah bekerja pada TIZEN IVI dan pengembang juga bisa bermain-main dengan ekstensi Wayland IVI di GENIVI dan berbagai proyek swasta dengan vendor mobil yang bekerja pada sebuah shell berbasis Wayland. Tentang kasus penggunaan pada IVI, Nobuhiko Tanibata menjelaskan, "Sistem In-Vehicle Infotainment tradisional mengelola surface dengan identifikasi global. Sebuah protokol, ivi_application, mendukung fitur tersebut dengan menerapkan request, ivi_application::surface_creation yang didefinisikan di ivi_application.xml. Selain itu, itu akan menginisialisasi library, weston-layout, untuk mengelola property dari surface dan grup surface pada layer."

Nobuhiko Tanibata sendiri adalah pemimpin proyek di Advanced Driver Information Technology yang merupakan hasil patungan dari perusahaan DENSO Corporation and Bosch GmbH. Sebelumnya dia bekerja di ADIT, dimana dia berfokus pada pengembangan driver dan middleware untuk sistem otomotif pada RTOS seperti ITRON dan t-kernel di Denso Corporation. Dia sekarang bergabung dengan ADIT untuk mengembangkan distribusi Linux untuk memenuhi kebutuhan sistem IVI terutama dalam hal kasus penggunaan otomotif. Dia sekarang terutama berfokus pada subsistem grafis otomotif dengan Wayland di Genivi, kontribusi source code yang akan diintegrasikan pada produk yang sebenarnya.

Pengembang yang ingin melihat patch weston-ivi-shell terbaru dapat menemukannya pada milis Wayland-developer di:
http://lists.freedesktop.org/archives/wayland-devel/2014-March/013735.html.

Berikut ini slide presentasi dari Nobuhiko Tanibata yang memperkenalkan solusi untuk mengkonsolidasikan dua aliran yang ada untuk sistem grafis IVI, salah satunya adalah Weston dan lainnya adalah Genivi Layer Management. Kedua komponen arsitek ini memiliki framework sendiri dan tidak dapat berjalan bersama (co-existence) dalam satu sistem saat ini. Co-existence diperlukan karena kedua komponen menjadi kunci besar di bagian grafis.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar