Rabu, 19 Maret 2014

Mozilla dan Unity hadirkan Unity Game Engine ke WebGL


Mozilla dan Unity hari ini mengumumkan tool baru yang membawa game yang dibuat dengan engine Unity ke Web tanpa perlu plugin, yang dimungkinkan berkat teknologi WebGL, sebuah Web graphic library dan asm.js, subset supercharged dari JavaScript. Add-on Unity WebGL akan tersedia bersamaan dengan rilis Unity 5.0 akhir tahun ini.

Jutaan pengembang Unity akan memiliki kesempatan untuk mengekspor konten Unity mereka langsung ke Web tanpa perlu plugin untuk tetap menjaga gameplay yang halus. Untuk menunjukkan teknologi ini dalam tindakan, Unity dan Mozilla telah menampilkan preview video dari game populer, Dead Trigger 2, berjalan di browser Firefox dengan kecepatan mendekati asli (native).

"Unity adalah salah satu perusahaan paling inovatif di game sehingga komitmen mereka untuk WebGL dan asm.js benar-benar memperkuat dukungan untuk visi Mozilla untuk web bebas plugin yang berkinerja tinggi," kata Vlad Vukicevic, Direktur Teknik di Mozilla dan penemu dari WebGL. "Perkembangan ini membuka potensi penuh dari web untuk pengembang Unity."

Pengembang Unity akan senang mendengar bahwa game mereka akan bekerja dengan baik di semua browser desktop modern yang sepenuhnya mendukung WebGL, dengan kinerja yang unggul berasal dari browser seperti Firefox yang secara khusus mengoptimalkan asm.js.

"Kami percaya WebGL dan asm.js akan mendorong masa depan game di Web. Kami senang melihat platform yang matang ini dan berharap dapat membantu untuk mendorong evolusinya," kata Ralph Hauwert, Developer Senior, Unity Technologies. "Pekerjaan kami bersama dengan Mozilla telah sangat produktif. Bersama-sama kami telah mengatasi banyak tantangan, sehingga hari ini kita dapat mengumumkan penyebaran add-on WebGL untuk Unity yang akan memberikan pengalaman terbaik yang pengembang kami telah harapkan."

"Salah satu pertanyaan yang paling sering diutarakan pengembang game kepada kami adalah apakah Unity akan mendukung WebGL dan asm.js," kata Martin Best, Game Platform Strategist di Mozilla. "Kami senang bahwa dukungan ini sekarang menjadi kenyataan dan berharap untuk suatu era baru dari game berkualitas tinggi di Web."

Plugin Web Unity adalah salah satu plugin yang paling sering diinstal pada web sehingga hal ini akan memiliki dampak positif yang jelas pada pengembang. Dengan teknologi WebGL, pengembang akan mampu memasarkan game mereka lebih mudah dengan menyediakan hanya link Web dan tanpa plugin tambahan untuk men-download. Itu berarti pengembang dapat mengharapkan lebih banyak pengguna untuk bermain game mereka. Menggunakan teknologi Web terbuka juga memberikan jalan yang lebih mudah untuk mempublikasikan dan memperbarui game untuk multiple platform dan menguji fitur baru.




Via Mozilla

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar