Kamis, 06 Maret 2014

Demo menunjukkan solusi LTE dari Intel setara Qualcomm


Di bagian paling belakang stan Intel di Mobile World Congress (MWC) 2014 di Barcelona kemarin, ​​di sebuah ruangan yang berukuran sama seperti ruang konferensi 16-orang, sekelompok kecil ahli nirkabel dari Intel memamerkan terobosan baru perusahaannya kepada sekitar selusin orang yang sengaja diundang untuk melihatnya.

Di antara demo adalah sebuah validation board yang membawa platform LTE baru XMM 7260 yang terhubung ke laptop. Perhatikan dua bar pada layar laptop: bar merah yang lebar menunjukkan modem menerima data dengan kecepatan 300 Mbps secara konsisten. Ini menggunakan agregasi operator - pada dasarnya menggabungkan dua kanal frekuensi menjadi satu pipa besar - untuk mencapai kecepatan itu. Bar kuning di bagian bawah layar menunjukkan bahwa modem secara bersamaan melakukan transmisi 50 Mbps.


Benchmark menunjukkan generasi kedua kinerja solusi LTE Intel setara dengan Qualcomm, yang menunjukkan demo serupa di stan yang hanya beberapa langkah jauhnya. Qualcomm, yang sekarang memimpin pasar karena solusi LTE mereka, baru-baru ini menunjukkan downlink 300 Mbps dengan jaringan nyata di Australia.

Ada lebih banyak yang dipajang di ruang belakang stan Intel, termasuk beberapa demonstrasi standar yang dapat menunjukkan apa yang akan terlihat sebagai 5G dan seterusnya.

Ide di balik salah satu demo yang disebut "Connectivity and Access Management (CAM)" adalah bahwa ketika Anda berjalan-jalan ke kafe lokal di tempat Anda dan mendeteksi jaringan Wi-Fi ada di kafe itu, operator selular Anda dapat menciptakan sebuah terowongan aman ke perangkat Anda melalui Wi-Fi dan kemudian menggunakannya untuk mengirimkan data. Hal ini biasa disebut sebagai konsep Wi-Fi offloading, dan CAM menyediakan satu set standar untuk membuat Anda terbebas dari mengotak-atik dengan tangan dan tidak terlihat oleh pengguna. Dengan mengambil selangkah lebih lanjut dengan teknologi lainnya yang telah terbukti yang menggabungkan jaringan Wi-Fi dan LTE menjadi satu pipa raksasa dan bekerja dari kafe benar-benar bisa mencapai tingkat yang baru dari kecepatan dan kenyamanan.

Teknologi lainnya yang ditunjukkan adalah sebuah langkah yang mungkin untuk menjadi 5G, yang menunjukkan penggunaan teknologi mmWave. Teknologi gelombang milimeter menjadi dasar pengembangan standar WiGig untuk bandwidth tinggi, solusi jarak pendek seperti "no wires" PC yang terhubung ke monitor dan semua perangkat Anda. Tapi untuk seluler, mmWave secara dramatis akan membuka spektrum baru, pada frekuensi yang lebih tinggi dari standar seluler saat ini. Tantangannya adalah jarak yang bisa melakukan perjalanan - dimana maksimum teoritis saat ini adalah sekitar 100 meter. Di Barcelona, ​​Intel menunjukkan prototipe teknologi antena yang menggunakan array fase dan bisa memfokuskan sinar sinyal untuk pergi lebih jauh.

Salah satu demo menunjukkan modem LTE-Advanced XMM 7269 digunakan untuk melakukan streaming video YouTube pada jaringan TDD LTE, jenis teknologi LTE yang digunakan di China dan pasar negara berkembang lainnya, dan pergeseran panggilan suara secara lancar dari voice-over-LTE ke 3G.


Sebuah chip kecil yang ditunjukkan adalah chip Intel yang akan datang dengan kode nama "Lightning Peak," sebuah solusi combo Wi-Fi dan Bluetooth berdaya rendah pertama dari Intel untuk smartphone dan tablet. Perbandingan chip berikutnya dengan ukuran sekrup pada papan pengujian memberikan gambaran tentang bagaimana kecilnya chip ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar