Bluetooth Smart untuk Wearable dan Connected Device


Bluetooth mungkin adalah media konektivitas yang paling akrab. Standar koneksi nirkabel jarak pendek yang rendah daya yang bisa kita temukan tidak hanya di laptop, tablet dan smartphone, tetapi juga mungkin di dalam mobil Anda dan bahkan juga dalam wearable device seperti smart watch atau smart glass. Bluetooth telah membuat semua perangkat bisa terhubung satu sama lain.

Cara kerja Bluetooth

Bluetooth menggunakan gelombang radio pada frekuensi 2,4 GHz untuk mengirimkan suara, musik, video dan data lainnya antara perangkat yang memiliki fungsi Bluetooth. Tergantung pada class perangkat, memiliki jangkauan mulai dari 3 feet (Class 3) hingga 328 feet (Class 1), dan kecepatan transmisi data hingga 24 MBps.

Bluetooth telah menjadi pilihan yang disukai untuk beberapa aplikasi dibanding Wi-Fi karena kemampuannya pengirimannya bisa melalui dinding dan benda padat pada penggunaan daya yang jauh lebih rendah dibandingkan Wi-Fi standar. Teknologi terbaru - Bluetooth v4.x, juga kadang-kadang disebut sebagai Bluetooth Smart atau Bluetooth Low Energy (LE) - menyediakan layanan yang lebih cepat disaat yang sama menggunakan energi yang lebih rendah dari versi sebelumnya.

Perangkat yang menggunakan Bluetooth 4.x sekarang bisa berpasangan antar perangkat dan mengirim data gabungan mereka ke unit host. Pada versi sebelumnya, masing-masing perangkat akan mengirimkan data secara independen, sehingga penggunaan energi yang lebih besar. Itulah kenapa hampir semua smartwatch yang beredar di pasaran dilengkapi dengan Bluetooth 4.x.


Penggunaan Bluetooth

Bluetooth umumnya dianggap mudah digunakan - terutama karena Anda sering menyalakannya dan melupakannya. Sebagai contoh, dua perangkat Bluetooth dan dipasangkan, seperti smartphone dan mobil, dapat berbagi atau mengirimkan data. Sebuah komputer dengan Bluetooth bisa melakukan komunikasi online melalui program-program seperti Skype, mouse dan keyboard nirkabel, dan pencetakan jarak jauh melalui printer yang memiliki Bluetooth. Headset Bluetooth memungkinkan Anda untuk menerima dan membuat panggilan saat mengemudi. Anda bahkan dapat menghubungkan beberapa remote untuk televisi atau sistem video game melalui Bluetooth.

Selain itu kunci pintar atau smart key dapat menggunakan teknologi Bluetooth untuk membuka pintu mobil tanpa kunci fisik, atau bahkan menghidupkan mesin mobil Anda bahkan sebelum Anda memasuki kendaraan. Anda juga dapat menggunakan Bluetooth untuk membantu menjaga keamanan terhadap pencurian atau kehilangan item dengan memasangkannya pada ponsel dan akan ada peringatan jika item yang dipaangkan menjadi terpisah dan koneksi terputus.

Apa selanjutnya? Teknologi yang sedang dikembangkan meliputi Bluetooth berbasis gelang atau cincin yang memungkinkan Anda untuk menulis di papan putih atau pesan teks pada layar yang diproyeksikan dari seberang ruangan dengan menggunakan gerakan tangan tertentu.

Cara Menggunakan Bluetooth

Sebuah perangkat yang memiliki fitur Bluetooth memiliki satu atau lebih ikon yang berhubungan dengan Bluetooth untuk membantu Anda menentukan cara-cara yang dapat Anda gunakan melalui Bluetooth pada perangkat. Sebagai contoh, sebuah ikon headset berarti Bluetooth dapat mengirimkan sinyal audio dan suara pada headphone, headset, sumber audio dan perangkat mobile. Hampir semua laptop, desktop, tablet dan smartphone baru (buatan diatas tahun 2011) memiliki konektivitas Bluetooth.

Koneksikan ponsel Anda. Untuk memasangkan semartphone Anda ke ponsel lain menggunakan Bluetooth, pergi ke "Setting" di setiap ponsel dan temukan "File/Data transfer options" untuk menyinkronkan dua ponsel. (Prosedur yang tepat akan bervariasi tergantung pada model ponsel Anda.)

Koneksikan mobil Anda. Memasangkan ponsel dengan mobil sangat mirip dengan memasangkan antar ponsel, kecuali Anda mungkin juga harus menemukan fungsi Bluetooth pada dashboard mobil Anda untuk menyelesaikan pemasangan. Jika koneksi Bluetooth ponsel Anda sudah aktif, kemungkinan Anda masih harus mengurus hal-hal yang melibatkan mobil Anda. Petunjuk manual mungkin bisa memberitahu Anda apa yang perlu dilakukan.

Mentransfer data. Untuk transfer data yang melibatkan perangkat lain, mengaktifkan fungsi Bluetooth pada setiap perangkat, jika tidak sudah di. Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak sinkronisasi data atau Anda dapat men-download sebuah aplikasi yang akan memungkinkan Anda dengan cepat mentransfer data dari satu perangkat Bluetooth yang lain.

Sejarah Bluetooth

Bluetooth dibuat oleh penyedia jasa telekomunikasi Ericsson pada tahun 1994, dimana teknologi nirkabel Bluetooth pada awalnya dipahami sebagai alternatif nirkabel untuk kabel data Serial RS-232, yang merupakan standar untuk transmisi data pada waktu itu. Empat tahun kemudian, kelompok asli perusahaan promotor - Ericsson, Intel, Nokia, Toshiba dan IBM - membentuk Bluetooth Special Interest Group (SIG) untuk melestarikan dan memajukan teknologi Bluetooth. Popularitas produk ini kemudian berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir: Menurut data ABI Research, lebih dari 3 milyar produk yang memiliki fungsi Bluetooth dikirimkan di seluruh dunia di tahun 2013. SIG memperkirakan angka tersebut akan tumbuh menjadi lebih dari 20 miliar pada 2017.

Nama "Bluetooth" sendiri berasal dari abad ke-10 dari nama Raja Denmark Harald Blatand (Harold "Bluetooth" dalam bahasa Inggris). Raja Blatand mempersatukan peperangan antar kelompok di bagian-bagian yang sekarang dikenal sebagai Norwegia, Swedia dan Denmark. Memiliki persamaan tujuan, teknologi Bluetooth diciptakan sebagai standar terbuka untuk memungkinkan konektivitas dan kolaborasi antara produk dan industri yang berbeda.

BlueZ buat Linux

BlueZ adalah Bluetooth stack untuk Linux, yang dikembangkan dengan tujuan untuk membuat sebuah implementasi dari spesifikasi standar nirkabel Bluetooth untuk Linux. BlueZ stack tersedia untuk kernel Linux versi 2.4.6 ke atas sejak tahun 2001, dan pada tahun 2006 sudah mendukung semua inti dari protokol dan lapisan Bluetooth. Versi terbaru BlueZ versi 5 yang dirilis akhir 2012 untuk kernel Linux 3.5 telah mendukung Bluetooth 4.0 dan profile Low Energy untuk konsumsi daya yang sangat rendah yang tentunya sangat cocok untuk wearable device.

Generasi berikutnya dari BlueZ dan Bluetooth Smart Device telah diintegrasikan TIZEN untuk kebutuhan sinkronisasi dan konektivitas pada wearable device dan perangkat digital lainnya.



Comments

  1. gan, misi numpang tanya? apakah bisa menggabungkan lebih dari 1 pasang bluetooth? misalnya 1 unit laptop/PC dipasangkan dengan 2 unit speaker bluetooth yang berbeda?

    #Terimakasih.

    ReplyDelete
  2. saya cuma punya 1 unit speaker bluetooth , jadi ga bisa test, haha
    ada alternatif lain?

    ReplyDelete

Post a Comment