Kamis, 06 Maret 2014

Bagaimana kesan Kidalang memenangkan Tizen App Challenge, dan mengapa tidak membuat game Android


Mobile World Congress (MWC) 2014 di Barcelona, Spanyol, menorehkan sejarah tersendiri bagi sebuah studio game Indonesia bernama Kidalang, yang berhasil menjadi juara pada ajang Tizen App Challenge. Sage Fusion 2 hasil karya Kidalang merupakan pemenang utama untuk kategori Game Roleplaying and Strategy dan diganjar hadiah uang tunai sebesar 200.000 dollar AS (sekitar Rp 2,3 miliar). Selain itu, game ini juga termasuk dalam "Top 10 Rated HTML5 Apps" dan mendapat bonus tambahan uang tunai $50.000 atau sekitar 580 juta rupiah, sehingga total Kidalang mengumpulkan 2,9 miliar rupiah.

Yusdi Saliman, co-founder dari Kidalang, memaparkan pengalamannya mengikuti kompetisi tingkat dunia ini. Bagi mereka ini merupakan pengalaman yang cukup menarik, karena pada awalnya tidak pernah menyangka akan menang.

“Kami juga bisa menghadiri Mobile World Congress dan mendapat kesempatan untuk mendemonstrasikan game kami di booth TIZEN di acara tersebut,” kenang Yusdi.

Total hadiah sebesar $4.040.000 (sekitar Rp 46,9 miliar rupiah) telah diberikan kepada 54 peserta dalam 9 kategori, serta peringkat top 10 untuk aplikasi HTML5 dalam kompetisi Tizen App Challenge yang diadakan oleh Linux Foundation selaku pemilik dari platform TIZEN. Kontes berbasis keterampilan - yang dirancang untuk memotivasi dan menghargai pengembang aplikasi menggunakan platform mobile TIZEN untuk mengembangkan aplikasi asli yang inovatif, kreatif, dan fungsional baik untuk kategori "game" dan "nongame" - ditujukan untuk mempercepat ekosistem mobile TIZEN dan memperluas TIZEN STORE.

Yusdi mengatakan bahwa motivasinya mengikuti lomba ini lebih disebabkan keinginan menghasilkan game di banyak platform. “Kami melihat Tizen App Challenge sebagai kesempatan yang sangat baik untuk membawa game kami ke platform TIZEN.”

Lebih lanjut Yusdi menjelaskan, suatu sangat kebetulan Sage Fusion 2 sendiri sejak awal dikembangkan menggunakan teknologi HTML5. “Ini memudahkan kami dalam proses pengembangan ke berbagai platform seperti iOS, BlackBerry 10, TIZEN, dan [Windows].”

Sage Fusion 2 adalah game campuran RPG, petualangan, dan novel visual. “Tujuan kami menggabungkan berbagai macam genre tersebut adalah karena kami ingin membuat game dengan bobot cerita yang cukup tinggi. Ini juga adalah salah satu strategi untuk dapat menonjol di pasar mobile games yang kebanyakan mengarah ke casual games.”

Hingga saat ini Kidalang telah memproduksi sudah menerbitkan dua game, yaitu Sage Fusion dan Sage Fusion 2 di Apple App Store dan BlackBerry World. Ketika ditanya tentang platform Android dan rencana awak Kidalang menerbitkan game dalam platform ini, Yusdi mengatakan, “apabila memungkinkan tentunya kami juga ingin agar game kami dapat dimainkan oleh para pengguna Android. Kami sempat mencoba melakukan porting ke Android, tetapi performa HTML5 di Android saat itu tidak cukup baik sehingga kami belum mengeluarkan game kami untuk Android. Kami belum sempat mencoba lagi pada versi Android yang terbaru Android 4.4 atau KitKat.”


Mengantongi uang hadiah lebih dari Rp 2 miliar, Yusdi dengan santai mengatakan bahwa uang tersebut rencananya akan digunakan untuk membuat game baru lagi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar