Kamis, 27 Februari 2014

Symphony Teleca: mobil TIZEN akan meluncur tahun depan


Symphony Teleca, salah satu anggota dari Tizen Association Partner Program, adalah perusahaan dimana produsen berskala besar akan datang kepada mereka jika menginginkan software atau aplikasi untuk dibuatkan. Perusahaan ini saat ini ditugaskan oleh Samsung untuk membuat beberapa aplikasi untuk TIZEN.

Pimpinan dari bisnis mobile dan media di Symphony Teleca, Andrew Till, menjelaskan bahwa perusahaannya telah melakukan banyak pekerjaan dalam pengembangan aplikasi untuk TIZEN - dan belum adanya smartphone TIZEN yang dirilis di MWC tidak berarti bahwa smartphone TIZEN tidak akan muncul. Menurutnya, pekerjaan untuk membuat aplikasi TIZEN tidak hanya untuk smartphone.

Andrew Till mengatakan bahwa saat ini pihaknya juga melakukan sedikit pekerjaan untuk divisi otomotif Intel dan Anda dapat mengharapkan untuk melihat beberapa model mobil berbasis TIZEN di tahun 2015 atau 2016.

Industri mobil menurutnya, ingin melihat integrasi yang lebih erat antara perangkat mobile dan mobil, dan TIZEN lebih menjadi pilihan utama ketimbang Android sebagai sistem operasi (OS) untuk mobil karena sampai saat ini Google masih belum memiliki strategi otomotif yang jelas. OS mobil yang menjadi incumbent, proyek open source GENIVI, bergerak terlalu lambat dan akhir-akhir ini juga terlihat merapat ke TIZEN yang lebih didukung oleh beberapa perusahaan pendukung Linux. Andrew Till mengharapkan Hyundai akan memimpin pada peluncuran mobil dengan OS TIZEN.

Andrew Till mengatakan bahwa banyak perusahaan mobil menjadi semakin tertarik pada kemungkinan memiliki OS dalam mobil yang dapat diupgrade via over-the-air (OTA) - menghemat produk recall - dan yang dapat digunakan untuk menjual aplikasi sebagai nilai tambah untuk konsumen dan tidak diragukan lagi memberikan disposisi yang ceria dan cerah pada mobil. Kemampuan untuk meningkatkan UI secara dinamis akan menarik bagi siapa saja yang telah menggunakan versi awal dan terbaru dari sistem iDrive milik BMW.

Software, khususnya aplikasi, juga bisa melewati garis antara keselamatan dan gangguan buat sopir dan Till mengharapkan bahwa aplikasi harus tahu apakah mereka berjalan pada dashboard atau pada layar seat-back.

Andrew Till juga melihat adanya tempat buat TIZEN di produk wearable, dan ini adalah area di mana Teleca melihat akan adanya pertumbuhan - mungkin bukan hanya dengan TIZEN, karena perusahaannya juga melakukan banyak hal dengan Google Glass.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar