Pengembang game Indonesia mendapat 2,9 miliar sebagai pemenang Tizen App Challenge


Pengembang game indie asal Bandung, Kidalang, berhasil menjuarai kompetisi pembuatan aplikasi Tizen App Challenge yang diselenggarakan oleh Linux Foundation. Prestasi yang membanggakan ini diumumkan saat berlangsungnya acara "Tizen Reception Party" yang diselenggarakan oleh Tizen Asociation sehari sebelum berlangsungnya Mobile World Congress (MWC) 2014 di Barcelona, Spanyol.

Game berbasis HTML5 berjudul Sage Fusion 2 buatan Kidalang berhasil meraih hadiah utama untuk kategori Game Roleplaying and Strategy dan diganjar hadiah uang tunai sebesar 200.000 dollar AS (sekitar Rp 2,3 miliar). Game Sage Fusion dinilai oleh panel juri internasional memiliki kelebihan berdasarkan berdasarkan skor dalam empat kriteria: nilai hiburan, desain visual, kinerja, serta kontrol dan input. Selain mendapat hadiah Gand Prize $200.00, game Sage Fusion 2 juga termasuk dalam "Top 10 Rated HTML5 Apps" dan mendapat bonus tambahan uang tunai $50.000 atau sekitar 580 juta rupiah, sehingga total Kidalang mengumpulkan 2,9 miliar rupiah.

"Kami senang dengan jumlah dan kualitas aplikasi yang disampaikan kepada Tizen App Challenge, yang benar-benar membuat penilaian aplikasi menjadi salah satu tantangan terbesar kami," kata Brian Warner, Senior Member Services Manager untuk Linux Foundation Collaboration Projects. "Kontes ini membudidayakan beberapa aplikasi yang paling fleksibel dan kreatif saat ini, sementara pemberian hadiah sangat layak untuk diberikan buat pengembang yang sangat berbakat."


Total hadiah sebesar $4.040.000 (sekitar Rp 46,9 miliar rupiah) telah diberikan kepada 54 peserta dalam 9 kategori, serta peringkat top 10 untuk aplikasi HTML5. Kontes berbasis keterampilan - yang dirancang untuk memotivasi dan menghargai pengembang aplikasi menggunakan platform mobile TIZEN untuk mengembangkan aplikasi asli yang inovatif, kreatif, dan fungsional baik untuk kategori "game" dan "nongame" - ditujukan untuk mempercepat ekosistem mobile TIZEN dan memperluas TIZEN STORE.

Sage Fusion 2 adalah game RPG bertema futuristik yang pertama kali dirilis pada pertengahan 2013 untuk platform iPhone, iPad, iPod Touch, dan BlackBerry Z10. Game ini telah mendapat banyak ulasan yang positif dari berbagai media sehingga layak menjadi pemenang.