ZTE Geek menjadi smartphone referensi TIZEN untuk IA x86?


Dua smartphone referensi TIZEN sebelumnya untuk pengembang, RD-210 dan RD-PQ dari Samsung Electronics dibuat dengan hardware yang berbasis ARM (Exynos) dengan spesifikasi yang masing-masing mirip Galaxy S2 dan Galaxy S3. Karena TIZEN mendukung baik arsitektur ARM dan IA (Intel Architecture) x86 untuk CPU berkat dukungan Samsung dan Intel, dua produsen chip terbesar di dunia sebagai anggota utama TIZEN Technical Steering Group (TSG) di proyek TIZEN, maka akan terasa ada yang kurang jika belum ada smartphone referensi TIZEN untuk IA x86.

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan oleh Yuya Adachi dan Naruto Takahashi, ditemukan bahwa ZTE Geek adalah smartphone referensi TIZEN untuk IA x86 32bit. Hal ini bisa diketahui dari halaman JIRA yang membahas berbagai masalah, isu dan bug yang ditemukan pada proyek 'Crosswalk on Tizen.' Disini jelas disebutkan bahwa smartphone ZTE Geek yang menjalankan OS TIZEN versi terbaru 2.2.1 dijadikan perangkat referensi untuk pengujian.



ZTE Geek adalah smartphone pertama ZTE yang diperkuat oleh prosesor Intel Atom terbaru Z2580 dengan pemrosesan 32nm dan memiliki frekuensi CPU 2.0GHz yang diluncurkan saat berlangsungnya Intel Developer Forum (IDF) pada musim semi 2013 di China National Convention Center di Beijing.

ZTE Geek memiliki layar HD 5.0-inci dengan resolusi hingga 1280x720 piksel dan memiliki memori 8GB eMMC + 1 GB RAM. Smartphone ini juga memiliki kamera 8 megapiksel di bagian belakang, kamera depan 1 megapiksel, lampu LED tambahn, dan kapasitas baterai sebesar 2300mAh.

Secara sekilas, selain prosesor, ZTE Geek memiliki spesifikasi hardware yang mirip dengan smartphone referensi RD-PQ dari Samsung. Intel juga telah menyediakan TIZEN Image buat pengguna ZTE Geek yang ingin memporting OS TIZEN versi terbaru di perangkat mereka serta emulator di: http://download.tizen.org/snapshots/tizen/mobile/latest/images/


Via Tizen nerd, @moguriso, @tnaruto

Comments