Selasa, 28 Januari 2014

TIZEN aktif dikembangkan di markas Nokia


Sebelum adanya iOS dan Android seperti sekarang, Symbian adalah sistem operasi (OS) terbesar yang digunakan oleh sebagian besar smartphone di dunia dan sekaligus mengantarkan Nokia sebagai vendor penguasa pangsa pasar smartphone selama bertahun-tahun. Banyak engineer di Finlandia yang terlibat dalam pengembangan OS ini di masa lalu untuk Nokia yang bermarkas di kota Espoo. Kini setelah masa keemasan Symbian berlalu, semangat para engineer ini kembali membara, namun bukan lagi untuk Symbian, tapi untuk TIZEN.

Pada bulan Juni 2013, Samsung Electronics tanpa publikasi yang luas telah mendirikan pusat riset dan pengembangan (R&D) beserta fasilitasnya di Espoo, Finlandia. Menurut Samsung, pusat R&D ini menjadi cabang dari Samsung Electronics R & D Institute UK (SRUK). Pusat R&D di Espoo itu kini menjadi salah satu pusat pengembangan OS TIZEN.

"Finlandia memiliki keunggulan dibanding negara-negara lainnya di kawasan Nordik, terutama dalam hal talenta dan pengetahuan untuk software," kata Timo Jokiaho, Kepala dari tim pengembangan TIZEN di Samsung Electronics Research Institute (SERI). "Tim Samsung R&D di Finlandia secara aktif terlibat dalam pengembangan OS TIZEN berbasis Linux yang akan diterapkan pada smartphone, tablet PC, Smart TV, maupun sistem hiburan dalam mobil di masa depan."

Banyak ahli software yang berasal dari Finlandia, termasuk Linus Torvalds, kreator dan legenda hidup untuk kernel Linux yang saat ini menjadi dasar dari banyak OS populer di dunia, termasuk Android.

Timo Jokiaho yang lulusan universitas Helsinki, adalah seorang veteran software yang telah malang melintang di berbagai perusahaan besar untuk mengurusi software selama 30 tahun lebih. Sebelum bekerja di Samsung Electronics, Timo Jokiaho adalah direktur teknologi di Nokia, kemudian menjadi kepala teknologi di Nokia Siemens Network, dan menjadi wakil presiden untuk OS dan software (untuk perangkat Android $ Windows Phone) di Huawei.

Sebagai kepala dari tim pengembangan TIZEN di Pusat R&D Samsung di Finlandia, Timo Jokiaho mengurusi beberapa pekerjaan untuk OS TIZEN, seperti multimedia, keamanan, grafis dan web. Area lainnya yang menjadi tanggung jawabnya termasuk bekerja pada kernel Linux dan driver nya, akselerasi grafis, WebKit, dan HTML5.

"Samsung adalah perusahaan asing yang pertama yang berinvestasi di Finlandia dalam membangun pusat R&D dan fasilitasnya di Espoo, untuk kawasan Nordik," kata Timo Jokiaho. "Tahun lalu Samsung juga telah membangun kantor desain software di Otaniemi [suatu distrik di Espoo] beserta fasilitasnya yang akan berfokus dalam membawa desain kelas dunia sebagai tujuan akhirnya."

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar