Rabu, 08 Januari 2014

Samsung: Kulkas dan mesin cuci dengan OS TIZEN akan segera dirilis


Perilisan smartphone dan Smart TV yang menggunakan sistem operasi TIZEN akan juga dikuti dengan peralatan rumah tangga seperti kulkas dan mesin cuci. Saat berada di pameran elektronik terbesar CES 2014, Samsung mengatakan bahwa mereka saat ini sedang mengembangkan OS TIZEN untuk memperkuat semua produk elektronik konsumen.

Menurut seorang pejabat senior Samsung yang berada di Las Vegas untuk menghadiri CES 2014 hari ini, perusahaannya sudah memutuskan untuk mengadopsi OS TIZEN buat smartphone dan TV dan akan segera dilanjutkan dengan produk elekyronik konsumen lainnya.

"Kita akan merilis berbagai produk elektronik konsumen dengan OS TIZEN," kata pejabat ini. "Namun waktu peluncuran yang spesifik akan ditentukan oleh kondisi pasar," tambahnya.

Strategi Samsung ini didasarkan pada dorongan untuk menciptakan konvergensi dan konektivitas yang lebih baik melalui platform software yang terpadu. Dua unsur ini sangat penting konsep Smart Home yang sebenarnya, dimana pasar ini diperkirakan akan terus berkembang cepat seiring dengan kebutuhan konsumen akan ekosistem untuk semua perangkat di sekitar mereka. Dalam pidato pembukaan CES 2014 kemarin, hampir semua pimpinan dari perusahaan elektronik global menyoroti tren global ini. Samsung yang ingin menjadi bagian dari tren ini akan mengandalkan OS TIZEN untuk semua produk buatannya di masa depan.

Vice Chairman dan Co-CEO Samsung Electronics Kwon Oh-hyun saat acara Samsung Analyst Day pada bulan November lalu juga menekankan hal ini. "Dalam 30 sampai 40 tahun terakhir jika kita melihat kebelakang, sama sekali tidak ada inovasi dalam produk elektronik konsumen. Jika Anda melihat tren teknologi IT, maka akan bisa dikombinasikan pada peralatan elektronik pada saat ini," katanya. "Perpaduan antara produk elektronik dan produk IT akan bisa memacu perkembangan dari pasar untuk jenis peralatan 'digital'."

Smartphone pertama untuk konsumen yang menjalankan OS TIZEN rencananya akan diluncurkan pada acara Mobile World Congress (MWC) 2014 di Barcelona bulan depan bersamaaan dengan pembukaan toko aplikasi TIZEN STORE untuk konsumen. Sementara untuk Smart TV dengan OS TIZEN akan meluncur kemudian. Pejabat senior dari Samsung Electronics mengatakan, "Ekosistem aplikasi untuk TIZEN TV saat ini masih dalam pengembangan dan diharapkan akan siap sebelum peluncuran," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar