Kamis, 09 Januari 2014

China Mobile siap membawa TIZEN untuk mengambil alih pasar smartphone terbesar di dunia


Operator telekomunikasi terbesar di Jepang NTT DoCoMo kemarin telah mengatakan bahwa pihaknya siap merilis smartphone TIZEN pada bulan Maret, sementara seluruh operator di Korea (SK Telecom, KT dan LG U+) dan operator terbesar di Eropa (Orange dan Vodafone) telah menjadi anggota Tizen Association dan juga berjanji akan merilis smartphone TIZEN untuk mengurangi ketergantungan pada OS yang kurang terbuka seperti Apple iOS dan Google Android. Dan sekarang berita besarnya China Mobile, operator terbesar di China dan di dunia yang memiliki sekitar 800 juta pelanggan, siap untuk merilis smartphone TIZEN di pasar smartphone terbesar di dunia.

Menurut laporan dari situs Jepang Nihon Keizai Shimbun hari ini, China Mobile bekerjasama dengan 12 anggota dari Tizen Association siap membawa TIZEN untuk mengambil alih pangsa pasar di China. Anggota dewan dari Tizen Association dan jajaran eksekutif dari China Mobile dikabarkan telah berdiskusi tentang bagaimana agar smartphone TIZEN yang dirilis di China bisa mendapatkan subsidi sehingga bisa dijual dengan harga yang relatif murah buat konsumen China.

China adalah pasar smartphone terbesar di dunia dengan 870 juta pengguna ponsel 2G, dan semuanya kini mengantri untuk membeli smartphone 3G/4G. Fakta lain yang menarik adalah konsumen yang pertama kali membeli smartphone di China per bulan mencapai 11,2 juta orang. Jadi kesempatan TIZEN untuk berkembang di China masih sangat terbuka lebar.

Pada awal Desember kemarin, chairman China Mobile Xi Guohua yang bertemu dengan rekannya dari operator seluler SK Telecom dan KT di Seoul, menyempatkan diri untuk menyambangi markas besar Samsung Electronics di Suwon, selatan Seoul untuk bertemu dengan Shin Jong-kyun (JK Shin), Co-CEO dan presiden Samsung Electronics untuk divisi komunikasi mobile.

Kunjungannya diduga terutama untuk membahas pasokan ponsel LTE dari Samsung. Ponsel LTE di China berfungsi pada teknologi TDD, atau Time Division Duplex, sebuah sistem yang bertentangan dengan FDD, atau Frequency Division Duplex, sebuah sistem yang umum digunakan di Korea, Amerika Serikat dan Jepang. Samsung diperkirakan akan mulai memperkenalkan produk LTE TDD di China tahun ini.

Pada Tizen Developer Conference 2013 (TDC13) yang berlangsung pada bulan Mei tahun lalu di San Fransisco, perwakilan dari China Mobile hadir sebagai salah satu pembicara kunci yang memberikan presentasi tentang kesempatan dan tantangan buat TIZEN di China. Menurut Robert Wang, Project Manager di China Mobile, kelemahan TIZEN sebagai OS baru dibandingkan Android dan iOS adalah pada toko aplikasi dan ekosistem. Untuk itu, Wang menyarankan penggunaan aplikasi web berbasis HTML5 bisa segera mengatasi kesenjangan ini.

Presentasi dari Robert Wang bisa Anda baca sendiri melalui slide yang ada disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar