Kamis, 19 Desember 2013

Samsung rekrut eksekutif Apple dan BlackBerry


Sebagai bagian dari upaya untuk mempekerjakan personil berbakat di seluruh dunia, Samsung Electronics mengambil strategi jalan pintas dengan merekrut orang-orang berbakat yang bekerja di perusahaan pesaingnya.

Samsung Electronics telah merekrut Tim Gudgel, yang pernah bekerja untuk Apple sebagai desainer toko ritel. Gudgel terkenal karena telah dirancang sebuah Apple Store dengan atap kaca melengkung di Manhattan Upper West Side. Dia saat ini diangkat menjadi wakil presiden dan general manager dari operasional penjualan ritel di Amerika Serikat. Pengamat industri mengatakan bahwa tugasnya di Samsung akan mencakup pengelolaan toko ritel, terutama 1.500 toko mini di lokasi Best Buy di seluruh Amerika Serikat.

Perekrutan tersebut adalah yang terbaru dalam upaya Samsung untuk mempekerjakan bakat asing terbaik untuk bisa bersaing dalam kompetisi di luar negeri dengan pesaing global. Dan Apple dan BlackBerry adalah dua perusahaan yang pernah berjaya di pasar smartphone premium Amerika.

Sebelumnya Samsung telah merekrut beberapa personil dari BlackBerry, termasuk Ryan Bidan, mantan manajer produk untuk perusahaan asal Kanada ini, dan Brian Wallace, mantan wakil presiden BlackBerry untuk pemasaran melalui digital dan media. Samsung juga merekrut Rob Orr, mantan direktur BlackBerry yng mengelola kawasan Inggris dan Irlandia. Orr mengambil jabatan wakil presiden business-to-business (B2B) untuk Samsung European Telecommunications Operations.

Mempekerjakan personil yang sudah memiliki pengalaman kerja, terutama di posisi manajerial pada perusahaan lain adalah sesuatu yang baru bagi Samsung Electronics, yang bertujuan untuk mempertahankan posisi terdepan yang telah mereka raih di pasar global.

"Itu wajar bagi perusahaan yang ingin mempekerjakan seseorang yang ahli dalam bidang tertentu," kata seorang pejabat dari Samsung Electronics. "Dan mempekerjakan pejabat dari pesaing lain di bidang usaha yang sama bukan sesuatu yang baru."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar