Kamis, 19 Desember 2013

Samsung memimpin pasar wearable device di 2013


Banyak orang beranggapan bahwa pasar PC terus menurun seiring dengan hadirnya perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Dan beberapa pengamat memprediksi bahwa penjualan smartphone dan tablet saat ini sudah mulai stagnan, dengan pertumbuhan mulai muncul dari perangkat komputasi yang bisa dipakai atau wearable device yang semakin canggih. Hal ini ditandai dengan meningkatnya pengiriman wearable device ke seluruh dunia mulai tahun ini.

Berdasarkan penelitian dari firma riset industri Canalyst, tidak lebih dari 200.000 unit wearable device yang dikirimkan pada semester pertama tahun 2013, namun angka ini kemudian tumbuh lebih dari 500% pada semester kedua tahun ini.

"Upaya pemasaran dan promosi Samsung untuk Galaxy Gear mengakibatkan pengirimannya mencapai lebih dari 800.000 unit dalam dua bulan pertama penjualan, membuat perusahaan ini menjadi pemimpin pasar baru, "kata Chris Jones, VP dan Principal Analyst di Canalys. "Pebble terus berkembang pesat dengan smart watch mereka. Integrasi iOS 7 dan SDK yang telah diperbarui dengan API tambahan memberikan mitra Pebble sebuah kesempatan besar untuk meningkatkan daya tarik jam itu sambil tetap menjaga daya tahan baterai yang sangat baik."

"Pasar untuk smart wearable sangat dinamis. Ruang ini akan terlihat sangat berbeda dalam waktu 12 bulan," tambah analis Daniel Matte. "Sebuah wearable device yang sukses tergantung pada konektivitas dari sebuah smartphone, yang semakin berfungsi sebagai hub digital baru bagi pengguna perangkat mobile. Wearable memerlukan seperangkat batasan yang unik untuk vendor dan pemilik platform yang lebih berpengalaman dengan pasar smartphone dan tablet."

Meskipun tingginya minat dalam kategori ini, produk wearable device hingga saat ini masih sangat terbatas. Canalys mengantisipasi bahwa 2014 akan menjadi titik balik untuk smart wearable device. Peluang pertumbuhan utama akan tersedia untuk vendor, pemasok komponen dan pengembang. Perluasan pasar akan terjadi selama tahun depan dengan peluncuran teknologi baru.


Canalys memperkirakan perkembangan yang signifikan akan meliputi bidang utama seperti Sistem on Chip (SoC), sensor kesehatan dan kebugaran, layar berdaya rendah, sistem operasi (OS) mobile, serta material dan desain.

Ada peluang bagus untuk mengambil keuntungan dari kesenjangan kebutuhan teknologi dan penentuan pasar yang sesuai. Ada SoC smartphone yang kurang cocok untuk wearable device dan tidak memberikan masa pakai baterai yang diinginkan konsumen. Komponen-komponen ini perlu dirancang khusus untuk wearable device, untuk bekerja bersama hub sensor yang membantu mengurangi penggunaan daya. Integrasi sensor jenis baru yang tidak termasuk dalam smartphone, seperti untuk pemantauan denyut jantung, akan menjadi tren penting.

Layar dengan kemajuan efisiensi daya seperti yang ditunjukaan oleh jenis OLED juga akan menjadi penting, yang tetap membutuhkan optimasi baik hardware dan software. Ada OS mobile akan diperkecil untuk bisa berjalan di wearable device, seperti misalnya TIZEN Lite yang cuma membutuhkan memori RAM 256MB. Terakhir, vendor akan menggunakan material yang lebih canggih dan menempatkan penekanan lebih besar pada desain dibandingkan dengan produk saat ini. Banyak dari teknologi baru ini akan memulai debutnya pada tahun 2014, dimulai pada Consumer Electronics Show (CES) pada bulan Januari mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar