Jumat, 13 Desember 2013

Samsung dan LG akan kenalkan Smart TV yang menjalankan OS berbasis HTML5 di CES 2014?


Konsumen TV seringkali memperlakukan Smart TV yang mereka beli sama seperti TV konvensional biasa. Mereka jarang menggunakan fitur-fitur Smart didalamnya maupun mengunduh dan menjalankan aplikasi yang telah khusus dibuat untuk Smart TV. Masalah ini ingin segera dipecahkan oleh Samsung Electronics dan LG Electronics yang telah lama secara diam-diam mengembangkan platfom software atau sistem operasi (OS) berbasis web atau HTML5 khusus untuk TV.

Menurut sumber industri di Korea kemarin, Samsung dan LG berencana untuk memperkenalkan Smart TV generasi baru saat berlangsungnya pameran dagang untuk produk electronik konsumen Internatonal Consumer Electronics Show (CES) 2014 yang berlangsung tanggal 7-10 Januari 2014 di Las Vegas Convention Center, Amerika Serikat.

"Produsen TV dalam negeri telah susah payah mengembangkan OS sendiri untuk produk Smart TV yanf dapat dilihat di CES mendatang," kata seorang pejabat industri ini sambil menambahkan bahwa ini adalah kesempatan besar buat produsen Korea untuk mandiri dari sisi sistem operasi untuk produk elektronik mereka.

Samsung ditengarai akan memanfaatkan OS TIZEN buat Smart TV terbaru mereka, sementara LG akan menggunakan WebOS yang telah mereka beli dari Hewlett-Packard pada awal tahun ini. Kedua perusahaan ini telah meningkatkan konten untuk Smart TV kepada konsumen melalui pendekatan yang simpel, menyenangkan dan mudah digunakan.

Samsung sebelumnya telah mengembangkan sebuah program yang bernama "S-recommendation" untuk platform Smart TV 2013. S-recommendation adalah cara cepat dan mudah untuk mencari program TV, premium video-on-demand, aplikasi, konten sosial dan konten lokal yang tersimpan pada perangkat pribadi. Mesin rekomendasi khusus juga menawarkan rekomendasi yang sudah disesuaikan untuk pengalaman TV yang paling pribadi yang pernah ada. Salah satunya, Samsung telah menjalin kemitraan strategis dengan Yahoo! untuk mengembangkan konten informasi dan berita untuk Smart TV.

Sementara LG Electronics akan memanfaatkan pengalaman pengguna (UX) yang sederhana dan intuitif dari WebOS, serta konten yang user-friendly untuk Smart TV terbaru mereka. Baik Samsung dan LG adalah pemimpin dalam industri TV dunia saat ini yang menempati peringkat pertama dan kedua dalam hal volume penjualan global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar