Selasa, 31 Desember 2013

Kilas balik TIZEN di tahun 2013 (Bagian 2)


Ini adalah bagian kedua dari ringkasan beberapa peristiwa penting yang terjadi selama setahun ini (bagian pertama bisa dibaca disini). Anda bisa mengklik tiap judul artikel untuk menuju ke versi lengkapnya. Tidak lupa sebelumnya kita mengucapkan "Selamat Tahun Baru 2014."


Juli


Jong-Deok Choi (JD Choi), Wakil Presiden Eksekutif (VP) dari Samsung Electronics Software Center dan co-Chair dari TIZEN Technical Steering Group (TSG), hari ini memperkenalkan sistem operasi (OS) TIZEN kepada berbagai perusahaan start up di Korea dalam seminar ICT Conference 2013 yang berlangsung di Samsung-dong COEX, Jang Bogo Hall (Hall E5, E6), Seoul.


Hank Kim, Mobile & CRM Service Architect di Samsung Electronics, hari ini memperkenalkan toko aplikasi baru TIZEN STORE saat berlangsungnya seminar ICT Conference 2013 yang diadakan di Samsung-dong COEX, Jang Bogo Hall (Hall E5, E6), Seoul.


Menurut Hiroyuki Kobota, Director - Principal Engineer dari NAMCO Bandai Games, perusahaan pengembang dan penerbit game terkemuka yang berbasis di Jepang, spesifikasi dari TIZEN telah mendekati platform game terbaik, baik itu konsol game maupun PC. Kobota mengatakan hal ini berdasarkan pengalamannya memporting beberapa game buatan perusahaannya ke platform TIZEN.


Dukungan yang datang untuk perangkat berbasis TIZEN akan diintegrasikan ke dalam Marmalade SDK pada Q3 tahun ini, dan akan bersamaan waktunya dengan peluncuran perangkat pertama yang menjalankan OS TIZEN. Perangkat TIZEN akan dirilis dalam beberapa versi yang berbeda yang akan berjalan baik pada arsitektur CPU mobile Intel x86 dan ARM. Dalam konteks ini, Marmalade akan menawarkan dukungan penuh untuk kedua versi sebelum akhir tahun ini.


Pada tanggal 2 Juli kemarin, tim TIZEN IVI telah merilis TIZEN 3.0-M1 untuk In-Vehicle Infotainment (IVI). Ini adalah tonggak pertama untuk image yang dibangun berdasarkan basis kode TIZEN 3.0 dan membuka jalan menuju TIZEN IVI 3.0-M2 yang akan dirilis pada akhir 2013 dan versi final TIZEN IVI 3.0 yang akan dirilis pada paruh kedua 2014.


Toyota Motor Corporation Jepang baru-baru ini telah memerintahkan Toyota Technical Development Corporation (TTDC) untuk bergabung dalam proyek TIZEN IVI untuk mengembangkan platform sistem informasi dalam kendaraan berbasis Linux. Keputusan ini diberikan setelah TTDC memamerkan hasil pengembangan TIZEN IVI mereka dalam Automotive Linux Summit Spring 2013 yang diadakan di Tokyo pada 27-28 Mei yang lalu.


Agustus


Samsung Electronics memiliki ambisi yang luas untuk TIZEN, sebuah sistem operasi open source dimana mereka telah mengambil peran utama dalam pengembangannya untuk melepaskan dirinya dari ketergantungan pada Android dan Google.


neXva telah memulai penerbitan aplikasi yang disampaikan kepada toko aplikasi mereka, OpenMobile AppMall, untuk perangkat yang berjalan pada sistem operasi (OS) TIZEN. OpenMobile AppMall adalah toko aplikasi Android yang menjadi salah satu mitra konten aplikasi independen dari OpenMobile untuk menerbitkan aplikasi Android pada perangkat non-Android.


Sejak versi 2.0, TIZEN sudah menghadirkan dukungan untuk NFC. Near Field Communication (NFC) adalah standar internasional ISO/IEC 18092 yang menentukan interface dan protokol untuk koneksi nirkabel sederhana antar perangkat yang berjarak sangat dekat.


Qt for Tizen 1.0 Alpha 3, aplikasi cross-platform dan framework pengembangan user interface untuk TIZEN mobile, telah dirilis pada 13 Agustus yang lalu. Upgrade terbaru membawa peningkatan integrasi dengan sistem operasi (OS) TIZEN, khususnya untuk versi terbaru TIZEN 2.2, seperti misalnya tema default baru yang bernuansa gelap serta dukungan untuk tombol hardware dan semua sensor.


Tizen Association, organisasi yang dibentuk untuk memainkan peranan industri dari TIZEN, telah mengalami pergantian keanggotaan dari 12 perusahaan yang tergabung dalam Board of Directors. Pergantian ini diharapkan bisa semakin memperkuat penetrasi perangkat dan pengembangan proyek TIZEN menjelang peluncuran model perdana di akhir tahun ini.


Presiden Samsung Electronics untuk divisi IT dan Mobile (IM) dan Co-CEO Samsung Electronics Shin Jong-kyun (JK Shin) dikabarkan telah memerintahkan bawahannya untuk membuat smartphone TIZEN yang sesempurna mungkin, sehingga mengakibatkan perilisan yang tertunda selama beberapa bulan.


September


Samsung Co-CEO saat berada di Internationale Funkausstellung (IFA) 2013 yang berlangsung pekan ini di Berlin, Jerman, mengatakan bahwa mereka saat ini sedang bekerja pada sistem operasi (OS) sendiri yang tidak hanya untuk smartphone, tetapi juga untuk mengontrol Smart TV dan jaringan peralatan rumah tangga atau Smart Home. Hal ini dimungkinkan karena OS TIZEN dikembangkan untuk semua perangkat elektronik digital dan memiliki motto "One for All" atau satu untuk semua.


Samsung Developers Team hari ini, 11 September, meluncurkan layanan Remote Test Lab (RTL) versi beta pertama untuk platform TIZEN. Ini adalah solusi pengujian jarak jauh atau remote test pertama di dunia untuk TIZEN, yang diharapkan bisa membantu pengembang untuk menguji aplikasi TIZEN buatan mereka dimanapun mereka berada.


Di acara Intel Developer Forum (IDF) 2013 yang berlangsung antara tanggal 11-12 September 2013 di San Fransisco kemarin, Intel menghadirkan sesi khusus 'Developing Tizen OS Based Solutions' yang ditujukan untuk OEM, integrator sistem dan vendor software independent. Dalam sesi ini, Intel menjelaskan rincian, arsitektur dan bangunan blok teknis yang diperlukan untuk mengembangkan solusi berbasis OS TIZEN, memberikan pemahaman tentang lingkungan pengembangan aplikasi berbasis Web/HTML5 maupun native yang ditawarkan oleh TIZEN, termasuk versi terbaru TIZEN 2.2


GNOME Mobile adalah sebuah inisiatif untuk mengembangkan dan mempromosikan penggunaan platform GNOME pada perangkat mobile yang disampaikan pertama kali pada Konferensi Embedded Linux di Santa Clara, California pada 19 April 2007. Setelah sebelumnya menyambangi platform mobile seperti Maemo dan OpenMoko, kini komunitas pengembang GNOME Mobile menatap masa depan yang lebih cerah bersama proyek TIZEN dan terus berusaha untuk melabuhkan ratusan aplikasi GNOME favorit mereka di perangkat TIZEN.


Jong-Deok Choi (JD Choi), Wakil Presiden Eksekutif (VP) dari Samsung Electronics Software Center dan co-Chair dari TIZEN Technical Steering Group (TSG), pada tanggal 25 September kemarin memperkenalkan sistem operasi (OS) TIZEN kepada berbagai perusahaan dan praktisi komunikasi digital di Korea dalam seminar Digital Communication Conference (DCC) 2013 yang berlangsung di Nonhyun-dong, Dongdaemun-gu, Seoul, Korea Selatan.



Oktober


Pameran Cutting-Edge IT & Electronics Comprehensive Exhibition (CEATEC) JAPAN 2013, yang diadakan selama lima hari dari 1-5 Oktober 2013 di Makuhari Messe (Mihama Ward, Chiba City), Tokyo, Jepang, menjadi menarik karena beberapa vendor hardware dan software memamerkan produk mereka masing-masing yang berbasis TIZEN IVI 3.0. Salah satunya adalah Toyota Motor Corp. yang memamerkan Home Screen dan UI Manager yang sudah dimasukkan dalam TIZEN IVI 3.0 yang berjalan pada arsitektur hardware dari Intel.


Saat menjadi pembicara kunci di acara Cutting-Edge IT & Electronics Comprehensive Exhibition (CEATEC) JAPAN 2013, yang diadakan selama lima hari dari 1-5 Oktober 2013 di Makuhari Messe (Mihama Ward, Chiba City), Tokyo, Jepang, Ryoichi Sugimura, Director untuk Global Alliance Strategic Marketing Department di operator NTT DoCoMo dan Officer dari Tizen Association, memperkenalkan sistem operasi (OS) baru TIZEN kepada masyarakat Jepang.


Menurut Linux Foundation, Linux adalah kuda (meskipun memiliki simbol penguin) yang dibatasi untuk menawarkan kepada produsen dan konsumen sebuah alternatif dalam perlombaan dua kuda terdepan antara sistem operasi (OS) Windows dan Macintosh. Begitu juga dengan TIZEN yang dipimpin oleh konsorsium proyek open source lainnya, yang juga hadir untuk melakukan hal yang sama dalam ruang mobile.


Produsen mobil dunia saat ini sedang bekerja untuk membuat standarisasi pada sistem operasi (OS) berbasis Linux untuk sistem In-Vehicle Infotainment (IVI) yang akan memudahkan mobil untuk bertindak lebih banyak seperti layaknya smartphone.


Didirikan pada tahun 1992 dan berkantor pusat di Taipei, Taiwan, NEXCOM adalah produsen dan pemasok perangkat dan komponen digital pertama yang digandeng oleh Intel untuk menyediakan platform In-Vehicle Infotainment (IVI) yang berbasis TIZEN IVI. Platform NEXCOM Tizen IVI adalah platform hardware TIZEN IVI yang bisa digunakan oleh pengembang software untuk menjalankan TIZEN IVI tanpa kerumitan, sama seperti smartphone referensi TIZEN RD-210 dan RD-PQ yang disediakan oleh Samsung untuk pengembang software TIZEN Mobile.


Nokia mengkonfirmasi melalui akun twitter pada 11 November 2011 bahwa mereka akan membawa semua fungsi terkait peta dan layanan navigasi melalui HERE Maps ke TIZEN.


Wakil presiden Intel, Christos Georgiopoulos, mengumumkan ketersediaan Intel® XDK NEW selama menjadi pembicara kunci pada hari ini di acara HTML5DevCon. Generasi terbaru dari toolkit HTML5 cross-platform untuk aplikasi Web dan Hybrid yang akan membantu pengembang untuk membuat aplikasi inovatif dan mempersingkat waktu dari ide ke toko aplikasi.


DevExpress hari ini mengumumkan versi terbaru DevExtreme v13.1.8, framework HTML JS untuk pengembangan aplikasi mobile cross-platform dan multi-device, sambil memperkenalkan dukungan untuk platform baru TIZEN.


Systena Corporation, perusahaan penyedia solusi IT dan komputasi awan di Jepang, hari ini merilis tablet TIZEN pertama di Jepang yang ditawarkan sebagai development kit untuk mengambil keuntungan dan pengalaman yang memungkinkan pengembang untuk mengembangkan software TIZEN secara efisien.


Samsung menjadi tuan rumah konferensi pertama Samsung Developer Conference (SDC) 2013 bagi para pembuat aplikasi yang berlangsung pada hari Senin dan Selasa kemarin di San Francisco, California, Amerika Serikat. Walaupun sebagian besar sesi dan pembicaraan berfokus pada berbagai tool pengembangan dan SDK dari Samsung untuk perangkat berbasis Android dari Samsung, namun Samsung dengan cerdas terus mendekati para pengembang Android yang hadir di konferensi ini untuk mengenalkan dan menawarkan insentif bagi mereka untuk membuat aplikasi buat TIZEN.


Dalam acara Intel Software Innovation Forum (ISIF) 2013 yang berlangsung hari ini, 31 Oktober 2013 di hotel Sheraton Miyako, Tokyo, Jepang, terdapat sesi khusus untuk TIZEN yang menghadirkan pembicara dari TIZEN Technical Steering Group (TSG) dan Tizen Association.



November


Sistem operasi (OS) TIZEN untuk platform Smart TV rencananya akan diperkenalkan untuk pertama kalinya di acara Smart TV Global Summit 2013 yang akan berlangsung pada 7 November mendatang di hotel Renaissance, Seoul, Korea Selatan. Acara yang telah diselenggarakan untuk tahun yang keempat ini akan mengambil tema "Smart TV, Window to Smart Life!".


Samsung Electronics tidak akan berhenti mengeksplorasi sistem operasi (OS) TIZEN barunya hanya untuk perangkat mobile. Setelah mengumumkan perkiraan perilisan smartphone dan Smart TV yang menjalankan OS TIZEN, Samsung juga menyatakan bahwa mereka saat ini sedang mengembangkan peralatan rumah tangga yang berbasis TIZEN.


Imad SouSou, Head of TIZEN OS dan Direktur dari Intel Open Source Technology Center (OTC), menjadi pembicara utama dalam acara Smart TV Global Summit 2013 yang berlangsung hari ini di hotel Renaissance, Yeoksam-dong, Seoul, Korea Selatan. Dalam presentasinya dengan topik "Open Source as a Strategic Platform for Smart TV", Imad SouSou mengatakan bahwa sistem operasi (OS) TIZEN memiliki peranan yang strategis dalam menumbuhkan platform open souce untuk industri Smart TV dan melakukan standarisasi teknologi buat pengembangan aplikasi cross-platform berbasis HTML5.


Waktu itu, Maitre mengatakan bahwa pihaknya telah mempekerjakan sekitar 10 engineer untuk mengkustomisai perangkat TIZEN yang akan mereka rilis mendatang. Pada saat itu, tampaknya seperti masih banyak waktu sebelum waktu perilisan tiba, tetapi pada akhirnya ketika sudah mendekati hari-h ternyata masih belum cukup juga.


Tim TIZEN Technical Steering Group (TSG) hari ini mengumumkan bahwa mereka telah merilis platform TIZEN 2.2.1. Versi terbaru yang membawa fitur baru dalam pengendalian privasi dan system framework ini untuk SDK dan source code sudah bisa diunduh lewat situs resmi dari TIZEN Project.


Sekarang jumlah anggota Tizen Association turun menjadi 10 dari sebelumnya 12 perusahaan. Produsen elektronik asal Jepang Panasonic dan operator telekomunikasi asal Amerika Serikat Sprint hari ini memutuskan keluar dari keanggotaan "Board of Directors" dari Tizen Association, sehingga menyisakan Fujitsu, Huawei, Intel, KT, LG U+, NTT DoCoMo, Orange, Samsung, SK Telecom dan Vodafone.


Saat menjadi pembicara utama di TDSC13 hari ini, Jong-Deok Choi (JD Choi), Wakil Presiden Eksekutif (VP) dari Samsung Electronics Software Center dan co-Chair dari TIZEN Technical Steering Group (TSG), dengan bangga mengumumkan bahwa Smart Camera NX300 sesungguhnya adalah perangkat TIZEN ssungguhnya yang telah hadir di pasaran sejak awal tahun ini.


TIZEN 3.0 baru akan meluncur tahun depan, namun tim TIZEN Technical Steering Group (TSG) sudah mulai mengungkap beberapa fitur utamanya saat berlangsungnya Tizen Developer Summit Korea (TDSK) 2013 yang berlangsung pada hari ini dan besok di Seoul, Korea Selatan. Pembicara utama atau keynote di TDSK13 mengatakan bahwa TIZEN 2.2.1 yang baru diluncurkan kemarin sudah komplit fiturnya untuk bisa digunakan pada smartphone, sehingga mereka sudah melanjutkan pengembangan sistem operasi (OS) TIZEN ke versi berikutnya.


Pada 11 November kemarin Tizen Association mengumumkan peluncuran Partner Program yang bertujuan untuk memperluas dukungan dari Platform TIZEN dalam satu set produsen perangkat terhubung (connected device), operator, pengembang aplikasi dan vendor software independen (ISV) yang lebih beragam. Program ini diluncurkan kemarin di hari pertama Tizen Developer Summit Korea 2013 (TDSK13) di Seoul, Korea dengan 36 anggota baru.


Game ini berjalan pada smartphone referensi TIZEN untuk pengembang, dibuat melalui bahasa pemrograman Web (HTML5) dan mampu berlari pada kecepatan 60fps. Aksi ini kontan mendapat reaksi yang positif dari ratusan peserta yang hadir saat itu. "Kinerja dari aplikasi yang berjalan di TIZEN begitu hidup dan nyata," kata JD Choi. "Hanya orang-orang yang skeptis yang mengatakan bahwa aplikasi Web tidak dapat mengejar ketinggalan dengan aplikasi native yang sama sekali salah, dan efek grafis 3D yang halus juga tersedia dengan aplikasi Web."


Yannick Pellet dan tim yang dipimpinnya dari Samsung Advanced Software Platform Lab di California, Amerika Serikat, hari ini mengumumkan bahwa mereka telah mengintegrasikan sebuah add-on untuk TIZEN SDK 2.2.1 yang menyediakan dukungan untuk OpenCL untuk CPU ARM CPU dan WebCL.


Havok™ hari ini mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan rilis versi full pertama yang bersifat free end-to-end buat engine pengembangan game mobile, Project Anarchy™. Versi baru menambahkan berbagai fitur dan perangkat tambahan termasuk Autodesk Scaleform® terbaru secara gratis, dukungan penuh untuk OS TIZEN, tool packaging baru untuk manajemen data aplikasi, serta perluasan percepatan prototyping melalui baik ekstensi Lua binding dan dukungan untuk aplikasi mobile vSceneViewer baru yang memungkinkan pengembang untuk dengan cepat melihat dan berbagi pekerjaan mereka.


Sencha, penyedia tool dalam pengembangan aplikasi HTML5 cross-platform untuk web dan aplikasi mobile, hari ini mengumumkan bahwa mereka telah merilis Sencha Touch 2.3.1 yang menambahkan dukungan buat TIZEN. Sencha Touch 2.3.1 akan segera tersedia dan dilengkapi dengan tema TIZEN eksklusif bagi anda yang mengembangkan aplikasi untuk platform TIZEN.


Banyak media dan analis yang selama ini menyepelekan sistem operasi TIZEN. Namun menurut Linux Foundation yang menjadi tuan rumah dari proyek TIZEN, TIZEN memiliki keuntungan utama sebagai OS yang benar-benar open source dan produsen dapat membuat perubahan untuk interface tanpa mempengaruhi peraturan dan kompatibilitas standar yang ada - tidak seperti Android.



NEXCOM hari ini merilis in-vehicle computer (komputer buat di dalam kendaraan) VTC 1010-IVI untuk membantu mengembangkan mobil dengan teknologi terbaru di segmen infotainment di dalam kendaraan (IVI). VTC 1010-IVI yang kaya fitur ini mendukung platform software TIZEN In-Vehicle Infotainment (TIZEN IVI), yang memungkinkan produsen mobil untuk membuat kendaraan buatan mereka menjadi pusat informasi, pusat layanan media, Wi-Fi hotspot dan bahkan pusat diagnostik mobile.


Smartphone pertama yang berjalan pada sistem operasi (OS) TIZEN dipastikan akan tersedia di pasaran dalam beberapa bulan lagi. Menurut Christopher Croteau, direktur Tizen Association dari Intel, perangkat yang menjalankan OS TIZEN akan tersedia secara komersial "awal tahun depan."


Untuk merayakan peluncuran TIZEN mendatang, YoYo Games menawarkan kesempatan buat pengembang game untuk memenangkan hadiah uang tunai di sebuah kompetisi baru yang disebut Tizen Game Drive. YoYo Games menawarkan hadiah uang tunai $60.000 (sekitar 700 juta rupiah) untuk pemenangnya. Pemenang akan diambil secara acak dari semua game yang telah lulus dari pengujian di TIZEN STORE selama berlangsungnya kompetisi.


Desember


Samsung Electronics berencana untuk menggunakan sistem operasi (OS) TIZEN 3.0 untuk memperkenalkan fitur layanan cloud terbaru "S Cloud" pada smartphone baru yang diluncurkan pada semester kedua tahun depan.


OpenFL Technologies, perusahaan pengembang solusi software cross-platform, hari ini mengumumkan ketersediaan OpenFL 1.2 yang menargetkan platform baru TIZEN. Melalui kemitraan dengan OpenFL Technologies, TIZEN telah membantu dukungan pengembangan OpenFL untuk dapat terus menciptakan software yang free dan open source untuk pengembang.


Sebagian besar dari kita akan berusaha untuk menghindari lubang ketika mengendarai mobil, tapi dua engineer Intel telah menciptakan sistem infotainment dalam kendaraan atau in-vehicle infotainment (IVI) yang benar-benar tahan banting tidak hanya dari sisi software melalui platform TIZEN IVI, namun juga dari sisi hardware untuk membuatnya lebih baik.


Tim Qt for Tizen Project pada hari Senin (16/12) kemarin mengumumkan bahwa source code dari Qt for Tizen sekarang telah resmi menjadi bagian dari repositori TIZEN. Ini berarti bahwa TIZEN Project sekarang menggabungkan baik perbaikan standar dari Qt serta integrasi yang pesifik untuk TIZEN dari Qt for Tizen 1.0 Alpha 5 yang telah dirilis sebelumnya. Setiap perubahan dalam code sekarang dapat di review dengan menggunakan layanan pada tizen.org.


Aplikasi paten yang diajukan oleh Samsung Electronics di Amerika Serikat dan Korea Selatan tahun ini mencakup beberapa bagian teknologi yang dapat digunakan dalam kendaraan listrik. Apakah Samsung memutuskan untuk meluncurkan mobil listrik masih menjadi pertanyaan.


Tim pengembangan Tizen development tools beserta semua kontributor yang terlibat didalamnya, hari ini merilis versi baru dari Tizen development tools [13.08]. Dalam rilis ini, telah ikut disertakan tiga tool baru, termasuk repa, prekit dan lthor. Dan mulai dari rilis ini, baik GBS dan MIC sekarang telah mendukung arsitektur ARM64 (AArch64).




Smartphone dengan nomor model SC-O3F yang sebelumnya telah dikonfirmasi sebagai perangkat terbaru dari Samsung Electronics yang menjalankan OS TIZEN 2.2 untuk operator telekomunikasi Jepang NTT DoCoMo melalui sertifikasi dari Departemen Telekomunikasi dan Komunikasi Dalam Negri (Ministry of Internal Affairs and Communications/MIC) di Jepang, kini juga telah mendapar sertifikasi dari FCC (Federal Communications Commission).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar