Minggu, 15 Desember 2013

Intel bangun laboratorium pengujian produk TIZEN IVI untuk kondisi ekstrim

Sumit Soni, seorang dynamics engineer di Intel environmental stress lab.

Sebagian besar dari kita akan berusaha untuk menghindari lubang ketika mengendarai mobil, tapi dua engineer Intel telah menciptakan sistem infotainment dalam kendaraan atau in-vehicle infotainment (IVI) yang benar-benar tahan banting tidak hanya dari sisi software melalui platform TIZEN IVI, namun juga dari sisi hardware untuk membuatnya lebih baik.

"Bayangkan Anda sedang mengendarai mobil di jalan raya pada kecepatan 60 mil per jam dan mobil Anda terperosok kedalam lubang dan Anda memiliki kepentingan untuk pergi secepatnya," kata Sumit Soni, seorang dynamics engineer di Intel environmental stress lab di Hillsboro, Oregon "Itu persis seperti apa yang kita simulasikan."

Soni dan rekannya sesama engineer Mike Williams tidak berhenti hanya di soal hambatan lubang. Mereka juga mensimulasikan jalan kerikil, polisi tidur, gelombang energi elektromagnetik, suhu dingin yang membekukan sampai terik panas matahari yang menyengat dan sejumlah kondisi ekstrim di jalan lainnya. Mereka berdua adalah bagian dari kader engineer yang didedikasikan untuk memastikan keandalan dari modul komputasi Intel untuk produk IVI, yang dijadwalkan akan dipasang di mobil mewah dalam beberapa tahun ke depan.

Mike Williams, seorang dynamics engineer di Intel environmental stress lab.

Sistem IVI menyediakan layanan navigasi, hiburan dan jaringan komputasi dalam kendaraan. Menurut laporan ABI Research baru-baru ini, pasar untuk layanan tersebut telah berkembang dengan cepat: sistem IVI melalui integrasi dengan smartphone saja, sebagai bagian dari semua sistem IVI, diperkirakan akan berada diatas 35 juta unit di seluruh dunia pada tahun 2018.

Meskipun simulasi kondisi jalan yang sebenarnya akan menghasilkan data yang berguna, itu tidak akan mengungkapkan banyak tentang daya tahan TIZEN IVI berbasis Intel Atom selama masa hidup yang umum untuk mobil. Jadi rejimen kualitas produk dan pengujian kehandalan di lab Intel akan sangat menghemat waktu waktu.

"Pengujian dinamika dan climatics didefinisikan untuk mensimulasikan kehidupan dari produk," kata Williams. "Ini tentang kondisi penggunaan. Ambil siklus suhu. Anda tahu produk ini akan berada pada suhu 40 derajat celcius, yang mana adalah 104 derajat Fahrenheit, tetapi jika Anda mencoba untuk menguji cara bahwa ia akan meempuh tujuh atau delapan tahun atau apa pun yang Anda pikir untuk pemakaian produk ini. Karena sangat sedikit orang ingin menunggu waktu bertahun-tahun untuk menjual apa yang baru saja mereka rancang, maka Anda harus mencari cara untuk mempercepat pengujian."

Saat ini, hanya Intel yang telah merancang modul komputasi IVI melalui serangkaian pengujian di environmental stress lab. Menurut Walter FenK, seorang arsitek pengembang environmental stress test yang membantu mengembangkan pengujian hardware, software dan peralatan yang digunakan di laboratorium Intel, untuk saat ini masih belum ada pembandingan yang dilakukan terhadap produk dari perusahaan lain.

NEXCOM VTC 1010-IVI berbasis TIZEN IVI dan Intel Atom

Intel bekerjasama dengan NEXCOM pada bulan November kemarin telah merilis in-vehicle computer VTC 1010-IVI untuk membantu mengembangkan mobil dengan teknologi terbaru di pasar IVI. VTC 1010-IVI yang kaya fitur ini mendukung platform software TIZEN In-Vehicle Infotainment (TIZEN IVI), yang memungkinkan produsen mobil untuk membuat kendaraan buatan mereka menjadi pusat informasi, pusat layanan media, Wi-Fi hotspot dan bahkan pusat diagnostik mobile.

"Sebagai kontributor utama untuk proyek TIZEN IVI, Intel sangat senang telah memiliki NEXCOM VTC 1010-IVI yang sekarang tersedia untuk ekosistem open source buat pengembangan teknologi kendaraan terhubung yang canggih," kata Mark Skarpness, director, Systems Engineering, Software and Services Group di Intel Corporation. "Dengan berbasis arsitektur Intel, Intel® HD Graphics di dalamnya, dan fitur otomotif khusus yang telah pre-integrated baik di platform VTC 1010-IVI dan TIZEN IVI, produsen mobil dapat membantu mengurangi biaya pengembangan sementara memperkaya pengalaman infotainment dalam kendaraan."

Bagaimana ekstrimnya pengujian produk IVI dari Intel bisa Anda lihat sendiri melalui dua video berikut.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar