Jumat, 27 Desember 2013

Fokus menjadi perusahaan software, Samsung rekrut 70 ribu software engineer

JD Choi (kedua dari kiri), VP dari Samsung Software Center dan Co-Chair dari proyek TIZEN ikut membuka Samsung Software Academy pada Januari 2012.

Samsung Electronics akan mempercepat langkahnya untuk mengubah dirinya menjadi perusahaan yang berfokus pada bisnis software mulai tahun depan. Untuk memenuhi tuntutan ini, Samsung baru saja merekrut 13.000 software engineer dalam satu tahun terakhir ini dan berencana untuk melipatgandakan jumlah pekerja software mereka secara bertahap hingga 70.000 engineer pada tahun 2020.

Menurut sumber dari Samsung Electronics pada tanggal 24 Desember kemarin, jumlah karyawan mereka yang menangani pekerjaan yang berhubungan dengan software saat ini sudah mencapai 38.000 orang, termasuk 20.000 yang berkantor di Korea dan 18.000 di luar negeri. Jumlah pekerja software di Samsung Electronics terus tumbuh sebesar 52 persen atau 13.000 orang sejak September 2011 ketika Samsung mulai mengumumkan bahwa mereka berencana untuk mengalihkan fokus bisnisnya menjadi perusahaan software.

Sesuai roadmap, Samsung Electronics berencana untuk meningkatkan software engineer mereka hingga 50.000 orang pada tahun 2015 dan terus bertambah menjadi 70.000 orang pada tahun 2020. Pendorong utama di balik perubahan langkah Samsung yang cukup drastis ini adalah bahwa semakin turunnya harga dari produk dan komponen hardware dan fitur produk semakin tersinkronisasi. Sebaliknya, software semakin muncul sebagai sumber dari kunci untuk lebih kompetitif karena menawarkan pengalaman dan nilai yang berbeda buat konsumen.

Sebagai perbandingan, jumlah total karyawan untuk perusahaan software dunia saat ini seperti Google adalah sekitar 50 ribu orang, Microsoft sekitar 100 ribu orang, Facebook sekitar 6 ribu orang, Yahoo! sekitar 13 ribu orang, Adobe sekitar 12 ribu orang, dan Oracle sekitar 123 ribu orang.

"Kita harus melihat kenyataan bahwa kekuasaan telah bergerak menjauh dari perusahaan hardware seperti Samsung ke perusahaan software," kata Chairman Samsung Lee Kun-hee kepada jajaran eksekutifnya waktu itu.


Samsung Software Conference 2012 adalah acara tahunan yang diadakan untuk pertama kalinya oleh Samsung sejak mereka menyatakan ingin fokus menjadi perusahaan software. Dalam konferensi yang berlangsung antara 8 dan 9 Mei 2012 di Samsung Electronics Digital City dan dihadiri oleh eksekutif dan ribuan karyawan perusahaan, Samsung menyatakan perhatiannya yang sangat serius pada layanan berbasis cloud dan perangkat mobile yang berbasis HTML5. Menurut Samsung, layanan cloud dan perangkat mobile berbasis HTML5 merupakan teknologi masa depan dan 'The Next Big Thing."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar