Jumat, 08 November 2013

W3C bentuk Second Screen Community Group untuk mendefinisikan API buat multiscreen


World Wide Web Consortium (W3C) pada 5 November kemarin mengumumkan dibentuknya grup komunitas yang baru yang bernama Second Screen Community Group. Tujuan kelompok ini adalah untuk mendefinisikan sebuah API yang memungkinkan aplikasi web untuk bisa menggunakan layar sekunder (second screen) buat menampilkan konten Web. Smartphone, tablet, laptop dan perangkat lain yang mendukung cara untuk menyematkan tampilan layar tambahan.

Metode umum termasuk menyematkan layar tambahan melalui port video atau HDMI, atau nirkabel melalui Miracast, Widi, atau AirPlay. Layar tambahan juga dapat disematkan melalui jaringan. Berbagai teknik ini biasanya disembunyikan oleh sistem operasi tentang bagaimana memasang layar tambahan dan menyediakan cara bagi aplikasi untuk menggunakan layar tambahan. Aplikasi native pada sistem operasi dapat dengan mudah menggunakan layar tambahan tanpa harus tahu bagaimana mereka memasangnya ke perangkat.

Tujuan dari grup komunitas ini adalah untuk menentukan API sederhana nuat me-request sebuah halaman HTML pada layar tambahan (second screen) dan beberapa cara untuk melaunching halaman web pada layar pertama (first screen) untuk berkomunikasi dengan dan mengontrol halaman berikutnya, dimanapun itu diberikan. API ini harus menyembunyikan rincian dari teknologi koneksi yang mendasari dan menggunakan teknologi web yang umum dan akrab untuk pesan (messaging).

Dua mode yang umum digunakan untuk second screen adalah: 1. Layar kedua mencerminkan (mirroring) layar pertama (misalnya layar pada laptop akan disalin secara utuh di TV), dan 2. memperluas layar pertama dan bertindak seolah-olah layar kedua adalah dari salah satu tepi layar utama. Dalam kasus kedua ini, konten tidak sama dan aplikasi dapat berjalan sepenuhnya pada layar kedua (misalnya remote control pada layar pertama dan video yang dimainkan di layar kedua).

Grup komunitas ini berfokus pada penggunaan non-mirroring (seperti mode pertama). Grup lain dapat memberikan lower level API yang mengekspos fitur teknologi koneksi yang berbeda, sementara grup komunitas ini tidak akan melakukan itu. Pengguna harus selalu berada dalam kendali yang memungkinkan penggunaan layar kedua dan memilih mana yang akan dipakai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar