Selasa, 26 November 2013

Samsung: TIZEN dan Firefox OS harus bekerjasama melawan Android dan iOS


Samsung mengatakan bahwa baru sistem operasi (OS) open source baru TIZEN dan Firefox OS harus memiliki hubungan seperti layaknya pendamping atau teman melalui hubungan kerjasama yang saling melengkapi. Hal ini karena semua OS baru akan bersaing melawan dominasi Apple iOS dan Google Android untuk perangkat generasi mendatang.

Hal ini dikatakan oleh Dr. Lee Won-suk, Principal Engineer di Samsung Electronics dan Ketua dari W3C HTML5 Korea, saat menjadi pembicara kunci di konferensi untuk menyambut peluncuran "HTML5 Fusion Technology Forum" tahun depan yang diadakan oleh Kementerian ilmu pengetahuan, ICT dan Perencanaan Masa Depan Korea (Ministry of science, ICT and Future Planning) hari ini di COEX Convention Center, Seoul, Korea Selatan. Dr. Lee Won-suk memberikan pidato tentang bagaimana proses mereka mengembangkan platform TIZEN dan menekankan bahwa TIZEN harus bekerja sama dan menciptakan hubungan yang saling membantu dengan komunitas Firefox OS.

Menurut Dr. Lee Won-suk, baik TIZEN dan Firefox OS menggunakan aplikasi berbasis HTML5 yang sama untuk pengembangannya. Itulah mengapa mereka dapat saling mendukung untuk tumbuh dalam ekosistem OS yang sama. Demikian juga, sekali sebuah aplikasi berbasis HTML5 dikembangkan, maka akan dapat digunakan baik dalam TIZEN dan Firefox OS.

TIZEN didasarkan pada Linux dan menggunakan WebKit dan teknologi open source lainnya, mendukung metode pengembangan aplikasi native tetapi juga dapat mendukung aplikasi yang dikembangkan dengan teknologi HTML5, tidak hanya akan digunakan pada perangkat mobile seperti smartphone dan tablet tetapi juga mobil dan peralatan rumah rumah tangga. Sementara Firefox OS lebih menyasar pada perangkat entry level berharga murah sebagai pengganti feature phone.

Baik TIZEN dan Firefox OS telah didukung oleh produsen handset dan operator telekomunikasi di Korea seperti Samsung untuk TIZEN, LG untuk Firefox OS, SK Telecom untuk TIZEN dan operator telekomunikasi KT dan LG U+ yang mendukung keduanya.

Samsung dan Mozilla saat ini juga bekerjasama dalam pengembangan Servo, mesin rendering browser open source baru yang merupakan upaya untuk membangun kembali browser web dari bawah ke atas pada hardware modern, yang memanfaatkan kinerja hardware secara maksimal untuk memungkinkan pengalaman baru dan lebih kaya di web. Servo akan menjadi pengganti WebKit di masa depan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar