Senin, 04 November 2013

Open Platform dari UC Browser siap mendunia lewat ribuan aplikasi dan game HTML5


Satu minggu yang lalu, UC Browser mengumumkan lewat blog resminya bahwa Amazon telah meluncurkan sebuah aplikasi HTML5 pada Open Platform dari UC Brower, yang bertindak seperti sistem operasi (OS) untuk aplikasi berbasis HTML5, plugin dan konten dari pihak ketiga lainnya. Di UC Browser, pengguna akan dapat membuka Amazon "light app" dan toko aplikasi di situs web yang berfungsi seperti toko aplikasi lainnya, atau mengunjungi situs web itu sendiri. Amazon adalah salah satu merek global pertama yang menambahkan sebuah aplikasi HTML5 untuk open platform, dimana UC Browser mengklaim bahwa mereka sudah memiliki lebih dari 1.800 mitra untuk ketersediaan aplikasi HTML5 lainnya.

Menurut UC Browser, semua aplikasi pada open platform dibangun berdasarkan HTML5 dengan penambahan beberapa plug-in untuk membantu kelancaran untuk pengalaman pengguna. UC Browser yakin bahwa HTML5 adalah rute terbaik untuk aplikasi mobile, karena menghindari kebutuhan bagi pengguna untuk memperbarui aplikasi, menghilangkan hambatan proses persetujuan pada toko aplikasi untuk pengembang, dan aplikasi yang dihasilkan bisa berjalan di seluruh platform dan perangkat.

Keyakinan UC Browser dalam lingkungan aplikasi mobile berbasis HTML5 mirip dengan Baidu, yang baru-baru ini meluncurkan platform distribusi aplikasi yang serupa. Platform "Light App" milik Baidu memungkinkan pengguna untuk mencari, menemukan, dan menggunakan aplikasi Web mobile bahkan termasuk yang tidak diinstal pada perangkat mereka. Baidu adalah raksasa pencarian internet di China yang menjalankan bisnis yang mirip dengan Google.

Pada 8 September 2011, UCWeb mengumumkan debut dari generasi baru untuk browser mobile, UC8, dengan kernel U3. UCWeb menjadi perusahaan China pertama yang bersaing dalam pengembangan kernel bersama-sama dengan penyedia browser global lainnya seperti Chrome dan Firefox. Pada saat yang sama, berdasarkan kekuatan yang kuat yang ditawarkan oleh kernel U3, UC8 telah meningkatkan indikator kinerja sebagai browser mobile dan mendukung aplikasi Web berbasis HTML5 dengan cara yang komprehensif, yang menunjukkan kematangan usia di mana browser mobile selanjutnya berkompetisi dalam kemampuan kernel dan layanan cloud.

"HTML5 ditakdirkan untuk menjadi generasi berikutnya dari kriteria protokol untuk mobile Internet," kata Xiaopeng, presiden produk dari UCWeb sambil menambahkan, "Di tahun 2013 kita akan melihat ledakan penggunaan dari teknik HTML5. Hanya produsen browser yang lengkap dengan kemampuan pengembangan kernel independen yang bisa berharap untuk bersaing dalam pengembangan HTML5. Aplikasi Web akan menjadi bentuk dominan penggunaan internet mobile masa depan karena perkembangan HTML. Toko Aplikasi yang dibuat berdasarkan pada sistem operasional akan menurun dari hari ke hari. Browser berbasis Aplikasi Web akan menjadi semakin populer karena perkembangan peningkatan aplikasi karena mereka dapat digunakan tanpa batasan sistem operasi dan platform. Dengan browser mobile semakin menyempurnakan dukungan HTML5 mereka, UC Browser akan memainkan peran peningkatan sebagai 'homepage' pengguna mobile internet."

Selain berfungsi sebagai platform mobile total di mana aplikasi dapat dijual dan dibeli, UC Browser juga menyediakan fitur pembunuh seperti pengenalan suara (voice recognition), speed search, smart reading dan game center.

UC Browser sekarang siap untuk bekerja dengan pengembang aplikasi dan game HTML5 untuk open platform. Aplikasi HTML5, plugin, dan konten lainnya akan muncul bagi pengguna dari aplikasi browser mulai dari UC Browser untuk Android v9.2.


Open Platform saat ini telah berjalan di China selama beberapa bulan, dimana partisipasi masih terbatas hanya untuk pengembang China. Ini adalah tiga kategori dimana pengembang global mulai bisa mengembangkan aplikasi HTML5 mereka untuk:
  1. UC webapp center - Ini akan menjadi semacam toko aplikasi dalam UC Browser dimana pengguna dapat menambahkan aplikasi web HTML5. Karena aplikasi ini hanya disimpan di bookmark, tidak ada download atau proses instalasi. Pengembang dapat memanfaatkan ini untuk situs atau game mereka. Perusahaan di balik UC Browser ini, UCWeb, mengklaim bahwa UC webapp center China adalah toko aplikasi web paling populer di China dengan 47 juta pengguna aktif bulanan yang melakukan browsing melalui 1.500 aplikasi web.
  2. Platform UC plugin - Kita mungkin sudah akrab dengan hal-hal seperti ekstensi Chrome dan add-on Firefox, dan itulah yang akan dimiliki oleh pengguna UC Browser.
  3. Platform UC application bookmark - Yang satu ini ditujukan untuk mitra konten yang potensial, karena melibatkan situs memasang kode QR khusus yang pengguna UC Browser dapat memindai dengan cepat untuk menambahkan situs yang ada ke bookmark mobile mereka.


Selain aplikasi berbasis HTML5, UC Browser juga menambahkan beberapa game berbasis HTML5. Pada 26 Juli kemarin di Shanghai, UCWeb mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani perjanjian distribusi & operasional untuk 3 game yang sangat populer di China - DDtank, Zui Xi You (Enamored Journey to the West), dan Kuang Lu Ren Zhe Cun (Village of Ninjas). Berdasarkan perjanjian, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki UCWeb dan beroperasi dalam bisnis game - UC 9game, penerbit dan operator game mobile terbesar kedua di China, akan menjadi penerbit eksklusif dan operator untuk DDtank dan Kuang Lu Ren Zhe Cun pada platform mobile. Bersama-sama dengan pengembang game, UC 9game juga akan mengembangkan versi mobile dari Zui Xi You dan bertindak sebagai penerbit eksklusif dan operator di saat yang sama.

Zhu Shunyan, COO dari UCWeb mengatakan: "Kita akan melihat banyak game web memperluas kehadirannya ke platform mobile di paruh kedua tahun 2013, dan itu akan menjadi sebuah tren industri. UC 9game akan mempercepat migrasi ini dengan memberikan bantuan kepada pengembang game dalam pengembangan, penerbitan, dan operasional. Platform game mobile yang telah dibangun oleh UCWeb tidak hanya memberikan kesempatan kepada pengembang game, tetapi juga menciptakan sebuah lingkungan di mana kita semua bisa merasakan manfaatnya. Tahun lalu, kita sudah berbagi lebih dari 100 juta renminbi dalam pembagian pendapatan dengan mitra kami, dan untuk tahun ini, kami berharap untuk meningkatkan angka ini menjadi 300 juta renminbi."

Zhu Shunyan percaya bahwa game web yang sukses adalah yang sudah menancapkan reputasi mereka dan membangun basis pengguna yang berkualitas, dan mereka lebih memungkinkan untuk berhasil juga jika para pengembang dapat membuatnya pindah ke platform mobile. Apa yang mungkin kurang dipahami oleh mereka adalah tentang kebutuhan unik dari pengguna mobile dan bagaimana beradaptasi dengan jaringan selular dan banyak perangkat, dan ini adalah persis apa yang akan dibantu oleh UC 9game.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar