Jumat, 15 November 2013

NTT DoCoMo akan gunakan TIZEN sebagai pengganti OPP?


NTT DoCoMo, operator telekomunikasi terbesar di Jepang dan salah satu anggota dari Tizen Association, mungkin adalah satu dari sedikit operator telekomunikasi di dunia yang sejak awal selalu merilis produk telepon seluler dengan kustomisasi yang jauh lebih mendalam dari operator global lainnya. Mereka tidak hanya merancang layanan software dan konten yang diberikan ke konsumen, tetapi juga hardware yang dibuat oleh mitra hardware mereka (seperti Fujitsu, Sharp dan NEC), tetapi juga standar jaringan komunikasi yang digunakan (seperti FOMA untuk 3G, FeliCa untuk NFC) dan sistem operasi software yang digunakan.

Untuk itu, NTT DoCoMo selalu berpartisipasi dalam organisasi dimana mereka bisa ikut mengontrol pengembangan dan perkembangannya. Dan dua sistem operasi (OS) yang selalu digunakan oleh DoCoMo sebagai basis software buat ponsel-ponsel buatannya adalah Symbian dan Linux (Linux Mobile).

MOAP (Mobile Oriented Applications Platform) adalah platform software pertama yang digunakan oleh NTT DoCoMo sebagai OS dan lapisan middleware untuk pembuatan aplikasi buat ponsel yang menggunakan jaringan FOMA (Freedom of Mobile Multimedia Access), 3G versi DoCoMo yang diluncurkan pada tahun 2004. Dua versi MOAP dikembangkan, yaitu MOAP(S) yang berbasis Symbian dan MOAP(L) yang berbasis Linux. MOAP(S) digunakan oleh sejumlah produsen seperti Fujitsu, Sony Ericsson, Mitsubishi, Sharp dan lain-lain.

Berbeda dengan Symbian Series 60 (Nokia) dan UIQ (Sony Ericsson), serta platform lainnya yang berbasis Symbian, MOAP(S) bukan merupakan platform pengembangan software yang terbuka. MOAP(S) dilepaskan sebagai software open source dari Symbian Foundation di bawah lisensi EPL (Eclipse Public License). Sedangkan MOAP(L) yang juga bukan platform pngembangan software yang terbuka, digunakan oleh Panasonic dan NEC.


Pada tahun 2008, NTT DoCoMo mulai mengembangkan platform software bernama Operator Pack yang disingkat sebagai OPP, yang mulai digunakan pada model perangkat mobile yang dirilis oleh DoCoMo pada musim dingin/musim semi tahun 2009 dan musim panas 2010. Dibanding MOAP, OPP menambahkan layanan yang dibuat DoCoMo seperti i-mode dan i-appli.

Sama seperti MOAP, OPP juga memiliki versi OPP(S) yang didasarkan pada platform software dari Symbian Foundation dan OPP(L) yang didasarkan pada platform yang dibuat oleh LiMo (Linux Mobile) Foundation. NTT DoCoMo adalah salah satu pendiri dan kontributor utama di Symbian Foundation dan LiMo Foundation, dua organisasi non-profit untuk penyebaran software mobile open source.

Pada akhir 2010 Nokia mengambil alih pengembangan Symbian dan pada bulan April 2011 Nokia membuat software Symbian tidak lagi open source serta mengurangi kerjasama kepada mitra Symbian dari Jepang. Dan akhirnya pada 22 April 2011, Nokia membuat perjanjian dengan Accenture untuk program outsourcing buat Symbian.

Perangkat OPP pertama yang berbasis LiMo adalah DoCoMo PRIME series N-02B yang dibuat oleh NEC yang dirilis pada 11 Desember 2009.

LiMo Foundation, organisasi non-profit yang didirikan oleh Motorola, NEC, NTT DoCoMo, Panasonic Mobile Communications, Samsung Electronics, dan Vodafone pada Januari 2007, kemudian merubah menjadi Tizen Association pada 1 Januari 2012. Hal ini setelah Linux Foundation mengumumkan bahwa proyek MeeGo berubah menjadi TIZEN pada September 2011. Proyek TIZEN didukung oleh sebagian besar anggota LiMo Foundation, termasuk NTT DoCoMo.

Dengan berakhirnya Symbian sebagai OS open source dan LiMo, maka mulai 2014 mendatang NTT DoCoMo berharap bisa melabuhkan semua layanan software mereka pada OS baru TIZEN. Sifat TIZEN sebagai OS open source dan sangat fleksibel untuk dikustomisasi dan dikontrol oleh operator telekomunikasi seperti DoCoMo membuatnya mantap untuk menjadikannya sebagai pengganti OPP. Smartphone TIZEN pertama dari NTT DoCoMo dan Orange (Perancis) rencananya akan diluncurkan pada bulan Februari 2014.

1 komentar: