Senin, 18 November 2013

Nokia Music akan dirilis dalam aplikasi HTML5 untuk cross-platform


Divisi handset dari Nokia memang telah diakuisisi oleh Microsoft, tetapi tidak dengan divisi service dari Nokia yang selama ini menghadirkan layanan software dalam bentuk konten dan aplikasi buat perangkat Nokia. Setelah berdiri sendiri, Nokia services kini bebas meluncurkan aplikasi dan konten buatannya buat perangkat selain Nokia.

Salah satu layanan milik Nokia service yang sudah tersedia buat multi-platform adalah Nokia Maps, atau sekarang disebut HERE Maps. Pada 11 November kemarin HERE Maps telah mengumumkan bahwa mereka akan menyediakan layanan terkait peta dan navigasi untuk TIZEN. Dan pada saat berlangsungnya Tizen Developer Summit Korea 2013 (TDSK) minggu kemarin di Seoul, Tizen Association juga mengumumkan Nokia HERE sebagai salah satu dari 36 anggota Partner Program yang akan menjadi mitra untuk pengembangan sistem operasi (OS) dan ekosistem TIZEN ke depannya. Selain TIZEN, HERE Maps juga tersedia untuk platform lain seperti iOS, Android, Firefox OS dan Sailfish dari Jolla.


Setelah HERE Maps, nampaknya layanan aplikasi lainnya yaitu Nokia Music juga akan tersedia secara cross-platform. Menurut situs China CTech (C科技), Nokia Music tidak lagi eksklusif untuk perangkat Nokia dan akan tersedia dalam bentuk aplikasi web (HTML5) untuk berbagai platform seperti iOS, Android, Mac OS X dan Windows PC. Karena berbasis web, maka aplikasi Nokia Music juga akan bisa berjalan lancar untuk perangkat yang menjalankan OS berbasis web seperti TIZEN, Firefox OS dan Chrome OS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar