Senin, 14 Oktober 2013

Samsung akan tampilkan TIZEN 3.0 di Samsung Developer Conference 2013?


Perkembangan yang stagnan dari pasar smartphone premium membuat Samsung Electronics mencari alternatif lain untuk pemerataan sistem operasi (OS) sebagai terobosan untuk ujung tombak teknologi mereka. Rata-rata smartphone yang mengandalkan OS Android dan Windows Phone telah mengalami penurunan harga jual dan peningkatan biaya pemasaran agar bisa tetap bersaing, sementara dilain pihak sulit mengharapkan keuntungan dari cuma menjual hardware semata. Untuk itu, Samsung dikabarkan semakin mempercepat komersialisasi smartphone TIZEN yang akan difokuskan untuk perluasan pasar baru.

Menurut sumber industri di Korea hari ini, Samsung Electronics akan menampilkan smartphone yang menjalankan OS TIZEN versi terbaru 3.0 saat berlangsungnya acara Samsung Developer Conference (SDC) 2013 dari tanggal 27-29 Oktober yang akan datang di San Fransisco, Amerika Serikat.

Samsung sebelumnya telah menunda peluncuran smartphone TIZEN atas instruksi langsung dari Shin Jong-kyun (JK Shin), Presiden Samsung Electronics untuk divisi IT dan Mobile (IM) dan Co-CEO Samsung Electronics. Presiden Shin dikabarkan telah memerintahkan tim internal Samsung Electronics 'untuk meningkatkan fungsi dari smartphone' sebelum benar-benar dirilis ke pasaran.

"Pengembangan terkait proyek TIZEN terus mengalami kemajuan di seluruh departemen," kata salah seorang pejabat dari Samsung Electronics. "Tapi untuk peluncuran produk resmi [dari smartphone TIZEN] masih belum tahu tepatnya."

Samsung telah mempelajari dan mengkaji dengan serius segala aspek yang diperkirakan bisa mempengaruhi peluncuran smartphone dengan OS baru, termasuk produk Android Motorola X hasil kolaborasi pertama setelah Motorola diakuisisi oleh Google, dampak industri dari akusisi Nokia oleh Microsoft buat pasar Windows Phone dan pengalaman internal Samsung sendiri selama merilis smartphone berdasarkan OS bada yang terdahulu.

"Dalam beberapa tahun terakhir, pasar smartphone telah mengalami perlambatan dalam inovasi dan hardware,serta proses akuisisi yang dilakukan oleh Google dan Microsoft terhadap produsen smartphone telah meningkatkan persaingan untuk menhasilkan produk yang kompetitif di pasar, sehingga peluncuran smartphone TIZEN menjadi sangat penting artinya buat Samsung," kata sebuah sumber dari orang dalam industri di Korea. "Jika dalam kasus ini smartphone TIZEN serta mobil dan peralatan rumah tangga lainnya yang menjalankan OS TIZEN memiliki kinerja yang dapat diandalkan, maka akan memastikan Samsung untuk bisa membuka pasar baru."

Kinerja aktual dari perangkat TIZEN itu sendiri akan sangat menentukan masa depannya dalam menantang status quo saat ini yang dipegang oleh Apple dan Android. Berbagai inovasi hardware baru seperti layar fleksibel, hologram, dan lainnya akan menunjang komersialisasi perangkat TIZEN, jika juga ditunjang oleh pengalaman pengguna yang baik agar benar-benar bisa diterima oleh pasar. Selain itu, penerapan OS TIZEN pada Smart TV, Smart Camera dan berbagai perangkat lainnya juga akan bisa memaksimalkan sinergi untuk mengikat konsumen dari beberapa kategori pasar yang berbeda.

Seorang pejabat industri di Korea mengatakan, "Jika Samsung akan melakukan komersialisasi TIZEN 3.0, dan digabungkan dalam berbagai proyek bisnis di bidang cloud, maka perangkat yang dihasilkan akan bisa digunakan secara efektif."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar