Kamis, 31 Oktober 2013

Spesifikasi minimum untuk TIZEN 2.2 diumumkan, TIZEN 3.0 mendukung wearable device


Dalam acara Intel Software Innovation Forum (ISIF) 2013 yang berlangsung hari ini, 31 Oktober 2013 di hotel Sheraton Miyako, Tokyo, Jepang, terdapat sesi khusus untuk TIZEN yang menghadirkan pembicara dari TIZEN Technical Steering Group (TSG) dan Tizen Association.

Menurut Ryoichi Sugimura, Director untuk Global Alliance Strategic Marketing Department di operator NTT DoCoMo dan Officer dari Tizen Association, perangkat TIZEN awalnya memang direncanakan akan diluncurkan pada akhir 2013. Ketika menjawab pertanyaan wartawan, Mr. Sugimura mengaku bahwa pihaknya sekarang sedang mencari waktu terbaik dan mereka terus bekerja keras untuk itu. Namun dia menolak untuk berkomentar lebih jauh, termasuk kapan tepatnya untuk waktu perilisannya. "Saya pikir tidak akan lama," katanya. Ada kemungkinan waktu perilisan akan bersamaan untuk pasar Jepang dan luar negeri.


Sementara Jong-Deok Choi (JD Choi), Wakil Presiden Eksekutif (VP) dari Samsung Electronics Software Center dan co-Chair dari TIZEN Technical Steering Group (TSG), menjelaskan tentang berbagai fitur di TIZEN 2.2. Salah satu fitur unik di TIZEN 2.2 adalah Dynamic Box dan Drop View, sebuah fungsi yang didasarkan pada widget untuk menambah kegunaan. Penjelasan rinci tentang Dynamic Box dan Drop View bisa dilihat disini.




Menurut VP Choi, dalam TIZEN versi 2.2 telah mendukung profile untuk mobile dan sistem In-Vehicle Infotainment (IVI). Khusus untuk smartphone, dibagi menjadi profile Tizen Mobile Full untuk smartphone high-end dan mid-end, serta Tizen Mobile Lite untuk smartphone low-end. Masing-masing profile memiliki persyaratan minimum untuk spesifikasi seperti resolusi layar dan memori (ROM & RAM).


Pada kuartal kedua 2014, VP Choi mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk upgrade ke TIZEN 3.0, dengan memasukkan profile untuk Smart TV dan peralatan elektronik lainnya, diantaranya kamera digital, printer, PC/laptop, kulkas dan wearable device seperti smart watch, smart glass, dan lain sebagainya.



Selain Ryoichi Sugimura dari NTT DoCoMo dan JD Choi dari Samsung, acara ISIF 2013 ini juga dihadiri oleh Christopher Croteau, yang menjabat sebagai anggota dewan di Tizen Association dan direktur pengelola divisi Sistem Software di Intel.

Dari kiri ke kanan Ryoichi Sugimura, Christopher Croteau, JD Choi

Foto-foto dari Impress Watch Co., Jepang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar