Kamis, 17 Oktober 2013

Nokia siapkan aplikasi HERE Maps untuk TIZEN


HERE adalah salah satu layanan navigasi dan peta terbaik dunia buatan unit Nokia Business yang sebelumnya bernama Ovi Maps dan Nokia Maps. Setelah menyambangi platform Windows Phone, iOS, Android dan Firefox OS, aplikasi HERE akan segera tersedia juga untuk TIZEN.

HERE pada dasarnya adalah gabungan dari NAVTEQ, penyedia data map terbesar untuk navigasi mobile berbasis di Chicago yang diakuisisi oleh Nokia pada Oktober 2007, dan Nokia Location & Commerce yang diluncurkan tahun 2012. Teknologi HERE didasarkan pada model komputasi awan (cloud computing), di mana data lokasi dan layanan disimpan pada remote server sehingga pengguna memiliki akses ke sana terlepas dari perangkat yang mereka gunakan.

Saat ini 4 dari 5 sistem navigasi pada mobil yang beroperasi di Amerika Utara dan Eropa menggunakan layanan HERE. Selain itu layanan navigasi pada Garmin, Yahoo! Maps dan Bing Maps juga berbasis pada solusi dari HERE. Tidak heran kalau sebagian besar smartphone dan feature phone juga mengandalkan layanan navigasi dari HERE.

Henrik Battke, Direktur Program OEM dan SDK dari HERE di Nokia Business, akan memperkenalkan layanan dan fitur dari HERE Maps untuk TIZEN saat berlangsungnya Tizen Developer Summit Korea 2013 yang akan berlangsung pada 11-12 November mendatang di Seoul, Korea Selatan. Battke akan menjadi salah satu pembicara dengan topik HERE Maps @ Tizen untuk menjelaskan tentang fitur maps (scoper, search, routing, Geocoding, traffic, positioning), cakupan regional dari HERE Maps, demo layanan HERE Maps di TIZEN dan daya saing dari HERE Maps dibanding layanan serupa.


Update

Nokia mengkonfirmasi melalui akun twitter pada 11 November 2011 bahwa mereka akan membawa semua fungsi terkait peta dan layanan navigasi melalui HERE Maps ke TIZEN.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar