Kamis, 31 Oktober 2013

Marmalade mudahkan pengembang memporting game ke TIZEN


Semangat dan antisipasi terus dibangun disekitar TIZEN, dan Marmalde berada di barisan terdepan dari mereka yang mempersiapkan pengembang game dengan pikiran terbuka buat cross-platform untuk menyambut kedatangannya. Tentu saja, ide menargetkan berbagai platform dapat menjadi sesuatu yang membingungkan, namun kemudahan porting dan basis kode tunggal yang ditawarkan oleh Marmalade SDK memungkinkan pengembang dan studio game untuk mendistribusikan game mereka ke beberapa platform dengan cara yang relatif mudah.

Salah satu pengembang yang menggunakan Marmalade untuk menargetkan perangkat TIZEN adalah Playing Species, yang berencana membawa game terbaru mereka Space Tap untuk TIZEN.

"Pada awalnya kami mencoba beberapa platform tunggal secara terpisah," jelas Daniel Musil, CTO dari Playing Species menceritakan pendekatan perusahaannya untuk cross-platform, dan perjalanan untuk menggunakan Marmalade SDK . "Untuk tim kecil, sangatlah berlebihan untuk mengetahui perbedaan antara semua platform dengan baik, jadi salah satu poin utama adalah untuk menemukan solusi multiplatform."

"Marmalade memberi kami SDK Beta mereka beberapa kali," jelas Musil. "Ada beberapa bug. Tapi selalu ada beberapa. Dan tidak pernah berhenti, dan setiap iterasi berikutnya dari SDK selalu lebih baik dan lebih baik. [Umumnya kami] bekerja langsung pada perangkat baru dari awal dan TIZEN juga tidak berbeda. Beberapa bug dengan cepat ditangani oleh Marmalade, yang bukan merupakan masalah besar. Kami senang kami dapat mengatasi platform baru dengan game kami begitu mudah."

"Kita adalah tim yang sangat kecil yang bekerja di waktu luang kami," kata Musil. "Kita menemukan Marmalade menjadi solusi bagi kita untuk dengan cepat mengembangkan game di C++ yang menargetkan beberapa platform sekaligus. Itu menakjubkan bagaimana banyak waktu yang diselamatkan oleh Marmalade untuk kita."

Pengguna lain dari Marmalade SDK meliputi pengembang game sepakbola Sports Director, dan spesialis pengembang game bergenre tower defence yang produktif ArtofBytes.

Tanja Kobzar, general manager dari ArtofBytes, merupakan bagian dari tim yang akan menghadirkan game zombie andalan mereka untuk TIZEN dalam bentuk Night of the Living Dead Defence, yang telah dirilis pada iOS, Android, BlackBerry dan Nook. Dan pengalaman timnya dalam memporting game untuk TIZEN dengan Marmalade sangatlah sederhana.

"Tidak banyak perbedaan dalam pengembangan," katanya dalam mengomentari prosesnya. "Marmalade memungkinkan kita untuk membuat dan mengembangkan untuk platform ini menggunakan proyek yang sama seperti yang lain. Satu-satunya perbedaan adalah sistem operasi itu sendiri, yang membutuhkan beberapa tool yang akan diinstal."

Lead programmer dan designer dari Sports Director Roger Womack bersama rekan-rekannya juga telah menemukan kemudahan yang sama. "Sejauh ini semua game untuk TIZEN telah ditangani oleh Marmalade SDK," ia menjelaskan. "Kami mulai mengevaluasi Marmalade sekitar 14 bulan yang lalu."

"Kami memilihnya karena penggunaan C++, berbagai perangkat yang didukung, dan dukungan dan aksesibilitas dari perusahaan ini."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar