Senin, 16 September 2013

TIZEN, harapan baru untuk pengembangan GNOME Mobile?

Ultrabook Intel dengan OS TIZEN dan aplikasi GNOME

GNOME Mobile adalah sebuah inisiatif untuk mengembangkan dan mempromosikan penggunaan platform GNOME pada perangkat mobile yang disampaikan pertama kali pada Konferensi Embedded Linux di Santa Clara, California pada 19 April 2007. Setelah sebelumnya menyambangi platform mobile seperti Maemo dan OpenMoko, kini komunitas pengembang GNOME Mobile menatap masa depan yang lebih cerah bersama proyek TIZEN dan terus berusaha untuk melabuhkan ratusan aplikasi GNOME favorit mereka di perangkat TIZEN.

Sebagai proyek open source berbasis Linux seperti TIZEN, secara arsitektur software GNOME Mobile masih bayak menggunakan berbagai komponen seperti di desktop untuk kompatibilitas, dan menambahkan komponen lain yang spesifik dengan mobile seperti matchbox (window manager), sebuah window manager yang sengaja dikembangkan untuk perangkat mobile terpadu.

GNOME 2.24 adalah rilis pertama dari platform pengembangan GNOME Mobile. GNOME Mobile membawa komponen desktop standar secara bersama-sama untuk menyediakan platform inti di mana distributor dan produsen perangkat mobile dapat membangun lingkungan pemrograman yang kaya.

Menurut situs resmi proyek GNOME, platform GNOME Mobile dapat diporting ke berbagai platform perangkat mobile berbasis Linux seperti Maemo, ACCESS, LiMo, Ubuntu Mobile, Moblin dan Poky.

Kenapa tidak ada Android?

Selain sama-sama berjalan pada kernel Linux, GNOME Mobile dengan Maemo diantaranya memiliki persamaan pada komponen Gtk+, X-Window, Debian dan GStremer. Dengan Moblin memiliki persamaan di Cluster, Gtk+ dan RPM, sedangkan dengan LiMo di Gtk+, Debian dan X-Window. Sedangkan dengan Android tidak ada persamaan sama sekali, selain sama-sama berjalan pada kernel Linux.

Platform LiMo (Samsung) kemudian berubah menjadi TIZEN Mobile, dan Moblin (Intel) menjadi TIZEN IVI.

Setelah Nokia membuang Maemo dan MeeGo, TIZEN kini menjadi satu-satunya harapan untuk pengembangan platform GNOME Mobile dan berlabuhnya ratusan aplikasi GNOME favorit seperti GIMP, Epiphany Browser atau Banshee di perangkat mobile. Semua library dari platform GNOME Mobile sepenuhnya tersedia melalui native C API, atau melalui bahasa pemrograman tingkat tinggi lainnya, seperti C, C++ dan Phyton.

Arsitektur GNOME Mobile

Arsitektur TIZEN Mobile

Perpaduan pertama antara GNOME dan TIZEN pertama kali diperlihatkan oleh Intel melalui ultrabook yang berbasis Intel Ivy Bridge saat berlangsungnya Tizen Developer Conference (TDC) 2013 di San Fransisco pada bulan Mei kemarin.



1 komentar:

  1. yes, GTK+ clutter di mobile phone JOSS !!

    BalasHapus