Jumat, 27 September 2013

Samsung perkenalkan TIZEN di Digital Communication Conference 2013


Jong-Deok Choi (JD Choi), Wakil Presiden Eksekutif (VP) dari Samsung Electronics Software Center dan co-Chair dari TIZEN Technical Steering Group (TSG), pada tanggal 25 September kemarin memperkenalkan sistem operasi (OS) TIZEN kepada berbagai perusahaan dan praktisi komunikasi digital di Korea dalam seminar Digital Communication Conference (DCC) 2013 yang berlangsung di Nonhyun-dong, Dongdaemun-gu, Seoul, Korea Selatan.

Paradigma platform mobile generasi berikutnya menjadi tema utama dalam seminar kali ini dengan tujuan untuk untuk memprediksi masa depan teknologi mobile baru, internet dan berbagai platform layanan mobile baru serta model bisnis yang melingkupinya. Sebagai pembicara utama dalam seminar kali ini, VP Choi tidak lupa untuk menjelaskan tentang platform mobile baru Samsung yang disebut TIZEN.


Saat ini ada sejumlah platform mobile seperti iOS, Android, Windows Phone, BlackBerry maupun bada, namun hampir semuanya terkonsentrasi dan diperuntukkan untuk perangkat komputasi mobile yang sudah umum seperti smartphone dan tablet. Di lain pihak kemunculan perangkat pintar baru non-mobile seperti kulkas, TV, dan peralatan rumah tangga lainnya membutuhkan standarisasi platform software baru yang bisa mengakomodasi semuanya.

Menurut VP Choi, TIZEN adalah platform software yang 100% open source yang saat ini dikembangkan oleh Samsung dan Intel berdasarkan kernel Linux. TIZEN dikembangkan sebagai sistem operasi (OS) yang benar-benar terbuka dan akan diterapkan pada smartphone, PC, printer, TV, mobil, kamera, kulkas, air conditioner (AC) dan perangkat digital lainnya. Samsung akan menerapkan OS TIZEN untuk semua perangkat elektronik buatannya untuk menciptakan sinergi konvergensi antar perangkat.


VP Choi juga menyebutkan bahwa TIZEN TV sedang disiapkan berdasarkan informasi dari Kepala divisi Consumer Electronic Yoon Boo-keun.

Presiden Yoon Boo-keun mengatakan dalam sebuah wawancara dengan wartawan di IFA 2013 kemarin bahwa Samsung ingin membuat unifikasi ekosistem berdasarkan TIZEN untuk jaringan terpadu yang menghubungkan semua perangkat elektronik buatan mereka. Sebagai kepala divisi CE yang antara lain membawahi produk televisi dan peralatan rumah tangga, Yoon Boo-keun juga mengkonfirmasi bahwa TIZEN TV kemungkinan akan dirilis tahun depan.

Acara ini juga didukung oleh tiga operator telekomunikasi di Korea yang menjadi anggota dari Tizen Association, yaitu SK Telecom, KT dan LG U+. Pembicara dari KT memperkenalkan platform Smart IPTV dari KT Media Hub yang berbasis HTML5.


VP Choi juga tidak lupa menyebutkan bahwa Tizen Developer Summit (TDS) 2013 akan diadakan di Hotel Ritz-Carlton, Gangnam-Gu, Seoul, Korea Selatan, pada tanggal 11 dan 12 November 2013. TDS 2013 akan ditujukan untuk pengembang dan media, dan diharapkan sekitar seribu audiens akan menghadiri acara peluncuran platform dan teknologi TIZEN 2.2. TIZEN 3.0 sendiri dijadwalkan akan dirilis pada kuartal pertama 2014 mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar