Rabu, 11 September 2013

Intel siapkan chip khusus untuk wearable device


Intel saat ini sedang bekerja pada lini baru microchip yang sangat kecil dan rendah daya untuk wearable device seperti smartwatch dan gelang. Intel ingin memastikan bisa menjadi bagian dari gelombang teknologi generasi berikutnya setelah mereka terlambat untuk mengantisipasi tren smartphone dan tablet.

Presiden Intel Renee James mengatakan pada Senin (9/9) kemarin bahwa lini chip baru yang disebut Intel Quark, akan mulai dikapalkan tahun depan dan mencakup versi ingestible yang ditujukan untuk penggunaan biomedis. Menurut James, chip Quark akan berukuran 5 kali lebih kecil dan 10 kali lebih efisien daripada chip Intel Atom untuk tablet dan smartphone.

"Kami sangat berkomitmen untuk tidak kehilangan hal besar berikutnya," kata James.

CEO Intel Brian Krzanich dan James berbicara pada hari Selasa pada konferensi tahunan untuk pengembang Intel Developer Forum (IDF) 2013 di San Francisco, dan merupakan penampilan pertama di hadapan publik untuk sebuah acara besar sejak mendapat promosi mereka pada Mei lalu, ketika Paul Otellini mengundurkan diri sebagai CEO.

Dalam sambutannya, Krzanich mengatakan bahwa chip Quarks dibuat pada pemrosesan terbaru Intel 14 nanometer dan akan mulai dikapalkan pada akhir tahun 2013, untuk membantu Intel mempertahankan kepemimpin manufaktur mereka terhadap rivalnya. Krzanich juga mengatakan bahwa tablet yang dibuat dengan chip Intel dan harga kurang dari $100 akan dirilis pada musim liburan tahun ini.

Krzanich mengatakan bahwa di bawah kepemimpinannya Intel akan lebih mengutamakan lini chip mobile Atom miliknya. Di masa lalu, sumber daya manufaktur mutakhir milik Intel kebanyakan disediakan untuk membuat chip PC yang kuat, dengan chip Atom yang dibuat pada lini produksi yang lebih tua.


Via Reuter

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar