Kamis, 19 September 2013

Intel, BlueZ dan Wearable Device


Setelah terlambat mengantisipasi tren smartphone dan tablet, Intel kini ingin memastikan bisa menjadi bagian dari gelombang teknologi generasi berikutnya, yaitu wearable device. Setelah meluncurkan chip baru yang disebut Intel Quark untuk wearable device pada Intel Developer Forum (IDF) 2013 di San Francisco minggu kemarin, Intel juga sedang dalam proses untuk mengintegrasikan generasi berikutnya dari BlueZ dan Bluetooth Smart Device ke TIZEN untuk kebutuhan sinkronisasi dan konektivitas pada wearable device dan perangkat digital lainnya.

BlueZ adalah Bluetooth stack untuk Linux, yang dikembangkan dengan tujuan untuk membuat sebuah implementasi dari spesifikasi standar nirkabel Bluetooth untuk Linux. BlueZ stack tersedia untuk kernel Linux versi 2.4.6 ke atas sejak tahun 2001, dan pada tahun 2006 sudah mendukung semua inti dari protokol dan lapisan Bluetooth. Versi terbaru BlueZ versi 5 yang dirilis akhir 2012 untuk kernel Linux 3.5 telah mendukung Bluetooth 4.0 dan profile Low Energy untuk konsumsi daya yang sangat rendah yang tentunya sangat cocok untuk wearable device.



Menurut Steve Holmes, wakil presiden dari New Devices Group di Intel, perusahaannya telah mengidentifikasi empat bidang utama yang ditargetkan dalam merancang wearable device baru:

Wrist atau gelang - "Ini adalah sesuatu besar," kata Holmes. "Saya mendengar orang-orang di industri menyebutnya layar kelima dan berbicara tentang kebutuhan untuk memiliki wrist. Dengan buzz tentang Apple, Samsung, Qualcomm dan yang lainnya sedang bekerja pada perangkat pintar berbasis wrist atau smart watch, kita mungkin akan melihat perkembangan perangkat dalam kategori ini. (Samsung Galaxy Gear dan Qualcomm Toq belum diluncurkan saat Holmes mengatakan hal ini.)

Mata, telinga dan kepala - "Ada hal-hal baru seperti Google Glass, tetapi ada hal-hal yang telah beredar untuk sementara waktu seperti headset Bluetooth, yang telah diadopsi secara luas tetapi baru-baru ini saya perhatikan sangat sedikit orang yang memakainya," katanya. Dia bertanya-tanya apakah mungkin untuk membuat studi yang menarik yang dapat menyebabkan ide-ide untuk inovasi baru.

Perhiasan - Menurut Holmes, karena teknologi semakin kecil dan lebih kecil lagi akan bisa membawa kemampuan baru untuk perhiasan. "Ada perusahaan yang menempatkan kamera di klip yang Anda masukkan di baju Anda," katanya. "Cincin adalah contoh lainnya dan bahkan ada juga yang menerapkan pada kunci mobil, yang memiliki komponen elektronik untuk bisa berbicara ke mobil Anda dan mengontrolnya dari jarak jauh. Tingkat kecanggihan yang ada saat ini pasti akan terus meningkat."

Sepatu - "Pedometer telah ada selama bertahun-tahun, tapi apa yang telah berubah sekarang adalah bahwa Anda dapat menangkap informasi itu dengan cara gesekan, berbagi dalam cara yang berarti...Anda bisa belajar dari itu dan Anda bisa menyajikannya dengan cara yang menarik dengan menggunakan aplikasi yang berjalan pada smartphone, tablet atau laptop," katanya. "Fitbit telah memiliki hubungan ke berbagai layanan seperti itu dan begitu juga Nike+."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar