Senin, 30 September 2013

IDC: TIZEN, Firefox OS dan Aliyun OS berpeluang sukses di China


Menurut perusahaan riset IDC, pengiriman ponsel China secara total telah mencapai 110 juta unit di Q2 2013. Pengiriman smartphone, sebagai bagian dari pengapalan ponsel, telah mencapai 86 juta unit, tumbuh sebesar 10% secara triwulanan.

"Pasar smartphone telah mempertahankan tingkat pertumbuhan dua digit antar kuartal di Q2 karena dua alasan. Pertama, pengiriman smartphone low-end dalam jumlah besar dengan harga satuan kurang dari RMB 800 yang mendukung jaringan 3G dari China Mobile. Kedua, pengiriman yang telah disiapkan oleh vendor ponsel untuk memenuhi tuntutan pasar pelajar selama liburan musim panas," kata Antonio Wang, Associate Director for Client System Research, Imaging, Printing & Document Solution Research, Research Operation Center, IDC China.

Didorong oleh subsidi dari operator dan permintaan yang kuat dari konsumen untuk mengupgrade ponsel mereka, IDC memperkirakan pengiriman smartphone di China akan mencapai 360 juta unit pada tahun ini. Untuk 2014, IDC mengharapkan pengiriman smartphone China melebihi 450 juta unit, termasuk 120 juta unit smartphone yang akan mendukung fungsi 4G dan lebih dari 32 juta smartphone yang akan mengadopsi TD-LTE milik operator China Mobile.

Ini akan menguntungkan vendor chip 4G dan panel layar, vendor ponsel menengah dan pengembang aplikasi, serta distributor channel dan vendor aksesori, yang pada gilirannya akan mempercepat inovasi lain dalam komunikasi mobile dan industri internet.

IDC juga mengharapkan sistem operasi baru seperti Firefox OS, TIZEN dan Aliyun OS dari raksasa internet China Alibaba akan bisa mempertahankan persaingan yang sehat diantara antara sistem operasi smartphone di China, meskipun mereka saat ini mereka tidak berada di posisi terdepan.

"Sulit untuk menggantikan posisi dominan Android di pasar China dalam waktu singkat, namun IDC memprediksi bahwa pangsa di pasar sistem operasi mobile China akan mencapai puncaknya pada tahun 2013, oleh karena itu vendor ponsel dan operator telekomunikasi akan mengadopsi sistem operasi baru dengan sikap yang lebih terbuka," kata James Yan, Senior Analyst for China Mobile Phone Market, IDC China.

Beberapa vendor ponsel di China juga telah mengungkapkan rencananya untuk merilis smartphone baru dengan OS baru tahun ini. ZTE misalnya, telah berkomitmen pada pengembangan smartphone yang menjalankan Firefox OS, begitu juga dengan Huawei yang sekarang ikut serta dalam pengembangan proyek TIZEN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar