Kamis, 01 Agustus 2013

NEC tinggalkan bisnis smartphone


NEC Corporation hari ini mengumumkan bahwa akan mengakhiri pengembangan, produksi dan penjualan smartphone yang dioperasikan oleh NEC CASIO Mobile Communications, selain model yang sudah ada di pasaran. Selanjutnya, NEC akan memanfaatkan NEC Saitama, Ltd untuk Bisnis Solusi Sosial, serta produksi handset ponsel konvensional untuk pasar Jepang. Selain itu, NEC akan melanjutkan operasi bisnis tablet.

Melalui rilis resminya ke media, NEC mengatakan bahwa hal ini dilakukan untuk mempercepat strategi pertumbuhan yang terfokus pada "Social Business Solutions," yang menyediakan infrastruktur sosial canggih memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (ICT).

Menurut NEC, perubahan drastis dari pasar smartphone menjadikan skala ekonomi telah menjadi semakin penting untuk pemeliharaan dan penguatan daya saing. Dilain pihak, pengiriman handset ponsel NEC terus menurun dan mereka mengakui sangat sulit untuk meramalkan peningkatan kinerja di masa depan.

NEC adalah salah satu anggota dari Tizen Association. Pada bulan Maret yang lalu beberapa media Jepang melaporkan bahwa NEC, bersama dengan Fujitsu yang juga merupakan anggota dari Tizen Association, akan berkolaborasi dengan operator telekomunikasi NTT DoCoMo untuk merilis smartphone TIZEN pada paruh kedua 2014. Dengan berita terbaru ini, harapan untuk perangkat TIZEN dari NEC tinggal pada tablet, serta handset ponsel khusus.

Ke depan, NEC akan memanfaatkan teknologi dan pengetahuan yang diperolehnya melalui pengembangan komunikasi nirkabel, terminal dan human interface untuk bisnis handset ponsel untuk memperkuat Bisnis Solusi Sosial. Akibatnya, NEC akan mereposisi karyawan dari NEC CASIO Mobile Communications, kecuali mereka yang terus terlibat dalam operasi bisnis, dalam Grup NEC, yang berpusat pada Bisnis Solusi Sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar