Jumat, 02 Agustus 2013

Home Screen di TIZEN 2.2 makin hidup dengan Dynamic Box dan Drop View


Home Screen pada TIZEN 2.2 UX berisi area Dynamic Box dan Drop View. Dynamic Box memberikan informasi penting atau terbaru tentang berbagai aplikasi. Sedangkan Drop View adalah area tersembunyi yang muncul ketika pengguna menarik Dynamic Box ke bawah, dan memungkinkan pengguna untuk dengan cepat mengakses layar detilnya atau melakukan tugas yang diinginkan.

Skema Dynamic Box dan Drop View

Dynamic Box

Dynamic Box adalah komponen yang menunjukkan contoh atau tampilan singkat dari konten, seperti misalnya:

  • Data atau konten tertentu dalam aplikasi
Dynamic Box bisa berisi konten, seperti kontak atau grup kontak dari aplikasi kontak dimana pengguna bisa langsung menelpon atau mengirim pesan, atau album tertentu atau foto dari Galery. Selain itu, Dynamic Box juga dapat berisi bookmark dari internet. Informasi yang ada pada konten di Dynamic Box, seperti sumber aplikasi atau jenis konten, dapat ditampilkan dengan gambar. Sementara informasi penting, seperti kontak atau nama bookmark, dapat ditempatkan di bagian bawah layar.

Dynamic Box yang berisi kontak, album pada Gallery dan bookmark
  • Informasi atau nilai yang ditetapkan untuk suatu aplikasi
Dynamic Box dapat menampilkan informasi cuaca untuk kota tertentu, atau mengecek perubahan nilai saham secara real time. Pengguna juga dapat membuat Dynamix Box dengan aplikasi jam yang memiliki fungsi alarm.

Dynamic Box yang berisi informasi cuaca, bursa efek dan alarm
  • Shortcut ke aplikasi
Dynamic Box dapat memberikan jalan pintas atau shortcut untuk Wi-Fi, Bluetooth, atau pengaturan suara pada pengaturan perangkat atau Setting, atau mengakses inbox dari email.

Dynamic Box dengan akses email



Drop View

Sebuah Dynamic Box bisa memiliki Drop View. Drop View dapat digunakan untuk memberikan informasi rinci atau fungsi yang mudah berhubungan dengan Dynamic Box. Seperti misalnya, cuaca saat ini dapat ditampilkan di Dynamic Box, sementara ramalan cuaca mingguan disediakan di Drop View. Demikian pula, informasi tentang musik yang sedang diputar atau album art dapat ditampilkan dalam Dynamic Box, sementara tombol pengontrol ditempatkan Drop View.

Dynamic Box dan Drop View yang berisi aplikasi cuaca dan pemutar musik

Fungsi rinci terkait dengan Dynamic Box biasanya akan ditempatkan di bawah Drop View. Penempatan ikon shortcut pada layar default dari aplikasi di sudut kanan bawah Drop View akan memberikan pengguna akses cepat ke layar aplikasi bahkan ketika Drop View terbuka.

Cara membuka Drop View

Beberapa tombol yang biasanya akan muncul pada area Drop View misalnya: Update, Launch, Previous, dan Next. Drop View akan dibuka ketika Dynamix Box ditarik ke bawah, dan ditutup kembali ketika pengguna menyentuh area diluar Dynamix Box atau Drop View. Jika ada banyak item konten di Drop View, semua item bisa dilihat dengan menggulir ke atas, ke bawah, ke kiri, atau ke kanan.

Cara menggulir untuk bisa melihat semua konten di Drop View

Via Tizen.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar