Selasa, 13 Agustus 2013

Ekosistem aplikasi menjadi pertimbangan jangkauan ketersediaan smartphone TIZEN tahun ini


Pada kuartal keempat tahun ini, atau tepatnya di bulan Oktober nanti, Samsung berencana akan meluncurkan smartphone TIZEN secara global. Namun smartphone TIZEN pertama untuk konsumen ini hanya akan tersedia di beberapa negara tertentu, dimana ekosistem aplikasi yang tersedia di wilayah itu menjadi pertimbangan utama untuk hal ini.

Sumber industri di Korea juga mengatakan bahwa smartphone TIZEN tidak akan menyambangi pasar domestik mereka tahun ini. Dia memberi alasan bahwa pasar Korea saat ini masih terfokus pada Android, yang menguasai 80% pasar lokal dengan sisanya untuk Apple dan lainnya. "Saat ini masih belum banyak aplikasi TIZEN untuk Korea," kata sumber ini.

Namun berbagai usaha untuk memperkenalkan TIZEN di pasar Korea telah dimulai, selain dari Samsung juga oleh para pendukung TIZEN yang tergabung dalam Tizen Association seperti dua operator seluler SK Telecom dan KT. Operator KT baru-baru ini melalui KT Media Hub telah meluncurkan platform HTML5 untuk Smart TV atau IPTV melalui layanan Olleh TV. Aplikasi dan ekosistem dari Olleh TV kompatibel dengan TIZEN.

Pada bulan Maret lalu, Senior Vice President of Global Marketing Group of Samsung Mobile Communications Business Lee Young-hee, mengatakan bahwa smartphone TIZEN akan hadir di pasaran pada bulan Agustus atau September. Namun pada kenyataannya ditunda hingga kuartal keempat. "Tidak ada masalah dengan smartphone TIZEN, penundaan ini hanya untuk untuk meningkatkan kelengkapan secara keseluruhan," kata sebuah sumber dari Samsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar