TIZEN 3.0-M1 untuk IVI telah dirilis


Pada tanggal 2 Juli kemarin, tim TIZEN IVI telah merilis TIZEN 3.0-M1 untuk In-Vehicle Infotainment (IVI). Ini adalah tonggak pertama untuk image yang dibangun berdasarkan basis kode TIZEN 3.0 dan membuka jalan menuju TIZEN IVI 3.0-M2 yang akan dirilis pada akhir 2013 dan versi final TIZEN IVI 3.0 yang akan dirilis pada paruh kedua 2014.

Image TIZEN 3.0-M1 ini didasarkan pada Wayland dan juga telah memasukkan Tizen Web RunTime (WRT) di samping beberapa komponen otomotif dan fitur seperti Bluetooth Hands-Free Profile, Automotive Message Broker, Media sharing (DLNA), Policy manager, dual-display dan beberapa sampel aplikasi.

Fitur dan aplikasi inti dari TIZEN IVI 3.0-M1 diantaranya:
  • Tizen WRT (Web RunTime) di Wayland
  • Automotive Message Broker: framework abstraksi jaringan pada kendaraan yang memberikan informasi broker dari kendaraan (misalnya dari CAN bus) ke aplikasi. Dokumentasi rinci disediakan disini.
  • Ghostcluster: aplikasi dashboard berbasis HTML5 yang terhubung ke AMB (Automotive Message Broker) untuk mengakses data kendaraan.
  • MediaPlayer: sebuah aplikasi multimedia player berbasis HTML5
  • Murphy policy manager: Murphy adalah resource policy daemon, yang dirancang untuk melakukan keputusan policy domain silang dengan cara dikonfigurasi. Hal ini saat ini difokuskan pada policy Audio.
  • Hands-Free dialer ("Lemolo"): aplikasi dialer HFP BT (Hands-Free Profile) yang menggunakan oFono dan BlueZ untuk membuat dan menerima panggilan telepon melalui bluetooth yang dipasangkan ke ponsel.
  • dLeyna: dLeyna adalah proyek opensource yang menyediakan high level API untuk membuat aplikasi yang menggunakan DLNA.
  • Dukungan dual-display

Daftar lengkap fitur yang telah diaktifkan dalam rilis TIZEN IVI 3.0-M1 bisa dilihat disini.

TIZEN IVI adalah penetapan standar baru untuk perangkat infotainment di dalam kendaraan (in-vehicle infotainment/IVI), seperti di mobil, bus, pesawat terbang, dll. Proyek TIZEN IVI menyediakan platform pengembangan OS secara Free and Open-Source Software (FOSS) untuk sistem komputasi IVI embedded. Dengan memanfaatkan basis kode TIZEN untuk komputer mobile dan handset dan memperluas fungsionalitas ke dalam kendaraan, solusi TIZEN IVI akan memungkinkan aplikasi portabel modern yang menyediakan pengalaman internet dan multimedia yang kaya untuk konsumen ketika mereka bepergian.


Comments