Minggu, 21 Juli 2013

Sejarah OS Moblin dari Intel hingga menjadi TIZEN IVI


Kemarin kita telah menjelaskan secara singkat perjalanan sejarah dari Samsung Linux Platform (SLP) yang berevolusi hingga menjadi TIZEN (Mobile). SLP adalah sumbangsih Samsung Electronics kepada proyek TIZEN selaku anggota dari Tizen Technical Steering Group (TSG). Dalam hal ini, Intel yang juga anggota TSG, juga ikut menyumbangkan sistem operasi mobile Moblin miliknya yang dalam proyek TIZEN menjadi TIZEN IVI. TIZEN Mobile yang berbasis ARM dan TIZEN IVI yang berbasis x86 ini nantinya akan diintegrasikan dalam TIZEN 3.0 untuk unifikasi menjadi satu basis kode tunggal.

Moblin, atau singkatan dari "Mobile Linux", adalah sistem operasi open source dan stack aplikasi untuk Mobile Internet Device (MID), desktop PC, netbook, dan perangkat embedded. Dibangun berdasarkan prosesor Intel (Atom, Core dan Celeron), Moblin dirancang untuk meminimalkan waktu booting dan konsumsi daya untuk menciptakan sebuah sistem operasi netbook dan MID-sentris, yang waktu itu tidak bisa dicapai melalui sistem operasi Windows PC dari Microsoft.

Intel meluncurkan situs Moblin.org pada bulan Juli 2007 dan secara signifikan memperbarui situs pada bulan April 2008 dengan peluncuran prosesor seri Atom pada Intel Developer Forum (IDF) di Shanghai. Software development kit (SDK) juga tersedia di situs ini.


Saat berlangsungnya Linux Collaboration Summit pada bulan April 2009, Intel merilis Moblin 2 versi alpha dapat memuat komponen utama dari stack, termasuk sistem grafis, dan start up dalam hitungan detik. Pada tanggal 19 Mei 2009, Imad Sousou mengumumkan rilis Moblin v2.0 versi beta untuk Netbook dan Nettop untuk pengujian buat pengembang. Di rilis kedua ini ditandai pergeseran dari Xfce desktop environment ke custom-built dari GNOME Mobile UI berdasarkan Clutter dari OpenedHand.

Produk komersial yang dibangun berbasis Moblin 2 termasuk netbook dari Foxconn netbook dan smartphone dari InvenTech, keduanya diumumkan pada Computex 2009. Acer juga telah mengumumkan penggantian Linux Linpus dengan Moblin pada produk netbook Aspire One mereka. Untuk MID ada LG GW990 dengan OS Moblin 2.1.

Pada Consumer Electronics Show (CES) yang berlangsung di bulan Januari 2010, MSI dan Novell mengumumkan netbook MSI U135 yang menjalankan SUSE Moblin. Rilis terbaru dari Moblin versi 2.1 menandai untuk pertama kalinya original equipment manufacturer (OEM) bisa menjual netbook berbasis prosesor Atom yang sepenuhnya menjalankan OS Moblin kepada konsumen. Selain itu, Samsung juga menunjukkan empat netbook yang menjalankan SUSE Moblin.



Pada bulan April 2009 Intel menyerahkan proyek Moblin ke Linux Foundation, untuk digabung dengan Maemo dari Nokia menjadi MeeGo. Pada Mobile World Congress (MWC) di bulan Februari 2010, secara resmi diumumkan bahwa proyek Moblin akan bergabung dengan Maemo untuk menciptakan platform software mobile baru MeeGo.

Pada bulan September 2012, Linux Foundation membatalkan proyek MeeGo dan lebih memilih untuk mendukung TIZEN, setelah Nokia, salah satu dari anggota MeeGo TSG disamping Intel, mengalihkan dukungannya ke sistem operasi tertutup Windows Phone dari Microsoft. Pada tanggal 27 September 2011, Imad Sousou dari Intel mengumumkan bahwa mereka kini bekerja sama dengan Samsung dan MeeGo otomatis digantikan oleh TIZEN, dan situs Moblin.org menjadi Tizen.org.

Sebuah start-up baru asal Finlandia, Jolla, mengumumkan pada Juli 2012 bahwa mereka akan mengambil proyek MeeGo komunitas Mer penerusnya untuk mengembangkan sistem operasi baru yang disebut OS Sailfish, dan berjanji untuk meluncurkan smartphone berbasis OS Sailfish pada tahun 2013.

Intel dibawah proyek TIZEN yang baru, Intel kemudian melanjutkan proyek Moblin mereka untuk pengembangan TIZEN IVI untuk perangkat infotainment di dalam kendaraan atau in-vehicle infotainment (IVI) setelah TIZEN IVI diputuskan sebagai platform referensi untuk Automotive Grade Linux (AGL) dari Linux Foundation. Bukti keseriusan Intel pada proyek TIZEN ditunjukkan ketika mereka mengakuisisi ProFUSION Embedded Systems, sebuah perusahaan swasta asal Brazil yang memiliki keahlian kunci dalam Enlightenment Foundation Libraries (EFL) yang merupakan komponen kunci dari TIZEN mobile stack, dan membuka HTML5 Development Environment, tool pengembangan aplikasi HTML5 gratis untuk pengembang.


Selain itu, Intel juga tetap melanjutkan proyek moblin melalui TIZEN untuk desktop PC dan netbook dengan tujuan agar pengembang TIZEN nantinya bisa membuat aplikasi mobile dari komputer yang juga menjalankan OS TIZEN. Penerapan TIZEN untuk PC pertama kali ditunjukkan oleh Intel saat berlangsungnya Tizen Developer Conference (TDC) 2013 di San Fransisco. Intel mengatakan bahwa OS TIZEN untuk PC akan siap dan tersedia tahun depan berbasis TIZEN 3.0.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar