Rabu, 31 Juli 2013

Beberapa perubahan UI dan UX pada TIZEN 2.2


Seperti dinyatakan sebelumnya oleh Tizen Technical Steering Group (TSG), TIZEN 2.2 membawa beberapa perubahan dalam user interface (UI) dan user experience (UX). Selain itu TIZEN 2.2 juga membawa tombol hardware baru untuk menggantikan tombol software.

Berikut ini beberapa perubahan yang terlihat di TIZEN 2.2 jika dibandingkan dengan versi sebelumnya TIZEN 2.1.

1. Perubahan letak indikator UI untuk jam, baterai, sinyal, konektivitas dan notifikasi

Pada TIZEN 2.1 versi sebelumnya, desain UI untuk indikator untuk jam, baterai, sinyal, konektivitas dan notifikasi berpusat di tengah yang kemudian menyebar ke samping jika ada indikator baru yang aktif. Sedangkan pada TIZEN 2.2, desain UI dari indikator ini sekarang berpusat disamping yang kemudian menyebar ke tengah jika ada indikator baru yang aktif. Indikator baterai yang sebelumnya berbentuk tipis memanjang dibawah indikator jam, sekarang ada disamping kiri dengan ikon berbentuk baterai seperti pada umumnya.



2. Tombol hardware Back dan Menu menggantikan tombol software

Pada TIZEN 2.2, dua tombol hardware baru masing-masing Menu dan Back ditambahkan untuk menemani empat tombol tombol hardware yang sudah ada sebelumnya, yaitu Home, Power, Volume + dan Volume -.


Penambahan tombol hardware baru ini tidak hanya berimbas pada desain UI, namun juga UX secara keseluruhan karena hilangnya tombol software Menu dan Back di TIZEN 2.2 akan mengubah navigasi pengguna di tiap aplikasi.



3. Perubahan desain tema dan ikon

Perubahan minor pada desain tema dan ikon, misalnya untuk penanda on/off, yang terutama sering digunakan pada Setting agar lebih mudah terlihat. Tema hitam sekarang juga terlihat lebih bagus dari sebelumnya.




Screenshot diambil oleh Daniel Seo Juyung (서주영) dari Samsung Korea

Tidak ada komentar:

Posting Komentar