Rabu, 24 Juli 2013

ABI Research prediksi platform Linux/GENIVI akan menggeser Microsoft Windows untuk pasar IVI


Firma analis ABI Research memperkirakan bahwa jumlah mobile terhubung yang memiliki sistem infotainment (IVI) didalamnya akan meningkat dari sekitar 7,8 juta pada akhir 2012 menjadi 46,8 juta unit secara global pada akhir 2018, dengan platform Linux/GENIVI akan mendorong peningkatan prosentase pengiriman selama periode tersebut.

Saat ini, software QNX dan Microsoft bersama-sama menguasai sekitar 75 sampai 80% dari pasar OS IVI. Namun, pertanyaannya tetap mengenai masa depan jangka panjang dari OS proprietary untuk IVI.

"Industri otomotif telah mengalami sejumlah pergeseran paradigma yang dramatis," kata kepala analis di ABI Research, Gareth Owen. "Penerapan platform open source, seperti GENIVI adalah salah satu contoh. Dalam hal ini, industri otomotif mencerminkan tren di industri mobile."

"QNX telah menanggapinya dengan membuat platform untuk mobil yang lebih terbuka," lanjut Owen. "Secara khusus, pengembang sekarang dapat memanfaatkan ekosistem pengembang mobile yang mapan dan inovatif untuk aplikasi Android, HTML5, dan Qt 5. Dengan kecepatan perubahan di industri otomotif yang masih sangat lambat, masa depan jangka menengah untuk QNX masih terlihat cerah. Ditambah QNX memiliki keuntungan penting dari memiliki optimalisasi solusi yang telah dicoba dan diuji. Oleh karena itu, QNX masih merupakan solusi yang menarik untuk industri otomotif yang mau mengambil resiko."

Meskipun software open source hanya muncul dalam satu aplikasi high-profile sejauh ini: CUE infotainment system berbasis Linux di berbagai model General Motors Cadillac 2013, ABI Research memperkirakan bahwa platform berbasis Linux dan Linux GENIVI secara perlahan akan menggantikan Microsoft Windows Embedded Automotive OS, meskipun fakta bahwa Microsoft juga telah mengambil langkah-langkah untuk "membuka" beberapa bagian dari platform.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar