Selasa, 04 Juni 2013

Sekilas tampilan orientasi layar dan aplikasi pada TIZEN UX


Tampilan orientasi layar pada TIZEN User Experience (UX) tersedia dalam mode portrait view dan landscape view, dan Anda dapat menggunakan fungsi rotasi untuk transisi diantara keduanya. Mengaktifkan fungsi rotasi memastikan layar akan menyesuaikan tampilan yang akan tergantung pada orientasi posisi perangkat. Sementara dalam aplikasi TIZEN, Anda dapat menggunakan tampilan layar pada mode portrait view, landscape view, dan split view.

Portrait view umumnya berfungsi sebagai orientasi layar default untuk sebagian besar aplikasi. Untuk tujuan khusus, seperti game atau kamera, landscape view menjadi orientasi layar default untuk memaksimalkan luas layar.


Portrait View dan Landscape View

Perpindahan yang mulus dari portrait view (tampilan tegak) ke landscape view (tampilan mendatar) merupakan praktek standar dalam perangkat mobile saat ini. Anda tinggal memilih tampilan yang nyaman untuk Anda pada setiap aplikasi, dan aplikasi secara otomatis akan menyesuaikan dengan gravitasi.



Split View

Split view (tampilan dibagi/dipisah) terdiri dari dua wilayah tampilan yang berbeda. Split view hanya tersedia pada aplikasi dalam modus landscape (mendatar), dimana layar aplikasi secara otomatis akan berubah dari potrait view ke split view.

Tujuan dari split view adalah untuk menampilkan informasi lebih lanjut daripada hanya melebar tampilan daftar pada aplikasi. Sebagai contoh, Anda mungkin ingin melihat sekilas dari isi atau konten yang ada di daftar pada suatu aplikasi. Pada gambar di bawah ini, daftar email muncul di sebelah kiri dan email yang dipilih akan ditampilkan preview atau detilnya di sebelah kanan.


Dalam beberapa aplikasi, pengguna bisa mengontrol ukuran dari masing-masing panel tampilan seperti pada email. Namun ada juga yang panel tampilannya bersifat tetap dan tidak bisa diubah ukurannya, seperti misalnya pada aplikasi musik yang terdiri dari playlist di sebelah kiri dan player musik di sebelah kanan.



Full Landscape View

Full landscape view atau tampilan layar penuh digunakan untuk aplikasi yang memiliki tujuan khusus seperti game, pemutar video, atau kamera. Pada tampilan ini, semua teks, penanda maupun tombol jika ada akan terletak mengambang diatas gambar atau video.



Via Tizen.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar