Sekilas fungsi-fungsi edit di TIZEN UX


Edit adalah salah satu fungsi yang paling sering digunakan untuk membantu pengguna dalam mengelola data mereka. Itulah mengapa unsur-unsur yang terkait dengan fungsi edit telah dimasukkan di hampir setiap aplikasi TIZEN.

Fungsi-fungsi edit dasar pada TIZEN user experience (UX) meliputi create (membuat), delete (menghapus), atau move (memindahkan data). Berdasarkan karakteristik masing-masing, setiap aplikasi TIZEN akan menawarkan fungsi edit sehingga menggabungkan beberapa fungsi.


Membuat dan menyusun item baru

Tombol Create atau ikon + pada aplikasi akan memungkinkan pengguna untuk membuat data baru. Fungsi ini akan memperoleh prioritas di atas fungsi lain di dekatnya. Untuk aksesibilitas pengguna yang ditingkatkan, tombol Create atau ikon + terletak di footer di bagian bawah layar.

Sementara tombol Cancel atau Back disediakan untuk lebih memudahkan pengguna dalam menyimpan data baru atau untuk membatalkan operasi penyimpanan. Jika pengguna membatalkan proses 'save', aplikasi secara otomatis akan menyimpan data pengguna dalam folder sementara (temporary) bila memungkinkan.

Gambar di bawah ini menunjukkan bagaimana untuk membuat memo baru dalam aplikasi Memo. Pengguna masuk pada layar di mana mereka dapat membuat memo dengan menyentuh tombol Create yang terletak di footer. Setelah pengguna telah menciptakan memo baru itu, ia dapat kembali ke layar yang menampilkan daftar memo dan melihat memo yang baru dibuat pada daftar memo.

Membuat item baru


Menghapus item

Tombol Delete menyediakan fungsi hapus dalam tampilan detail atau tampilan daftar. Pada tampilan daftar, pengguna dapat memilih dan menghapus beberapa item dengan menggunakan fitur multi-select. Sekali pengguna telah menghapus setiap data dan semua data, maka aplikasi akan menampilkan gambar dan teks informasi yang mewakili status saat ini (misalnya, 'No Image').

Menghapus item


Memindahkan dan menyalin item

Pengguna dapat memindahkan dan menyalin satu item tunggal atau beberapa item sekaligus dari daftar. Memindahkan atau menyalin item tunggal, jika tujuannya eksplisit, maka tidak memerlukan input pengguna. Pengguna cukup menggunakan tombol maupun pilihan pada footer, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Proses penyalinan juga serupa.

Memindahkan atau menyalin item


Multi-select

Pengguna sering merasa perlu untuk mengelola beberapa item secara bersamaan. Misalnya, mereka mungkin ingin menghapus beberapa item sekaligus, daripada menghapusnya satu-persatu. Dalam hal ini fitur multi-select yang ditawarkan dalam aplikasi akan sangat membantu.

Multi-select bekerja ketika pengguna menekan tombol Edit atau Delete di footer di bagian bawah layar yang menampilkan daftar item. Fitur ini akan menciptakan kotak centang untuk setiap item pada daftar, sehingga memfasilitasi beberapa pilihan. Pada beberapa aplikasi akan ikut ditawarkan juga pilihan untuk mencentang semua kotak (biasanya melalui tombol atau ikon Select All) untuk menerapkan operasi yang sama pada semua item.

Pada beberapa aplikasi juga ikut ditawarkan informasi tentang item yang dipilih (misalnya, jumlah item yang dipilih) dalam pop-up di bagian bawah layar. Baik tampilan daftar (list) maupun tampilan grid mendukung fungsi multi-select.

Multi-select pada tampilan daftar

Multi-select pada tampilan grid


Single-select

Single-select digunakan untuk memilih dan mengelola satu item tunggal. TIZEN UX menawarkan Quick menu di mana pengguna dapat membuka menu tambahan dengan menggesek ke kanan pada daftar. Menu tambahan ini berisi fungsi yang sering digunakan untuk meningkatkan kegunaan buat pengguna. Misalnya, dengan menggesekkan item daftar email ke kanan, pengguna bisa membuka fungsi utama untuk email yang sesuai, seperti reply, forward, dan delete. Fungsi ini akan menghemat waktu pengguna, karena ia tidak perlu lagi masuk pada tampilan detail untuk setiap item (dalam hal ini misalnya membuka tiap kiriman email) hanya untuk melakukan untuk tugas yang sama (dalam hal ini misalnya menghapus beberapa kiriman email satu-persatu).

Quick menu



Via Tizen.org

Comments