Minggu, 30 Juni 2013

Qt for Tizen 1.0 Alpha 2 telah dirilis


Qt for Tizen 1.0 Alpha 2, aplikasi cross-platform dan framework pengembangan user interface untuk TIZEN mobile, kemarin (29/6) telah dirilis. Upgrade terbaru membawa keuntungan dari teknologi mobile terbaru dari Qt dan sejumlah GUI baru dari Qt Quick control telah ditambahkan dengan tujuan agar aplikasi yang dibangun dengan Qt benar-benar bisa berjalan secara native di smartphone TIZEN.

Perubahan Umum meliputi:
  • Qt for Tizen kini telah menjadi komunitas resmi "Work-In-Progress" untuk memporting Qt dalam Qt Project yang dikembangkan secara terbuka bersama dengan porting untuk Android, iOS, dan WinRT. Hal ini sangat meningkatkan berbagi sumber daya dan tata kelola open source.
  • Dukungan resmi untuk perangkat referensi TIZEN RD-210 dan RD-PQ. Aplikasi Qt memanfaatkan akselerasi OpenGL ES2 dari perangkat dengan kinerja sekitar 60 frame per detik dan telah terintegrasi seumur hidup dengan OS TIZEN.

Perubahan dalam framework Qt untuk TIZEN, meliputi:
  • Upgrade ke Qt 5.2 alpha yang sejauh sangat mirip dengan 5.1 RC yang baru. Pendekatan ini berguna untuk kompatibilitas upstream dan membuat Qt for Tizen menjadi proyek adopter paling awal dengan teknologi Qt baru. Perbaikan terkait versi mobile yang dikembangkan dalam proses juga akan diadopsi untuk dukungan Android dan iOS yang direncanakan untuk Qt 5.2.

Perubahan dalam integrasi Qt ke TIZEN, meliputi:
  • Qt Quick Controls Style Compliance. Sebagian besar kontrol telah sesuai dengan Qt Quick Control API dan ditata dengan Qt Quick Control Style API dari Qt 5.1. Hal ini memberikan tingkatan portabilitas yang luar biasa buat pengembang aplikasi di seluruh platform mobile seperti TIZEN, Android, BlackBerry 10, Ubuntu Touch, dan banyak lagi (dukungan untuk iOS sedang dikerjakan).
  • Solusi awal untuk Packaging dan Instalasi. Aplikasi Qt sekarang dapat dikemas (package) dan diinstal seperti yang dipersyaratkan oleh OS TIZEN dan TIZEN STORE.
  • Qt Quick Control yang baru kini terasa dan terlihat seperti aplikasi native. Sebagian besar kontrol telah sesuai dengan TIZEN UX Pedoman dan dioptimalkan untuk aplikasi Qt. Contoh aplikasi juga telah ditambahkan.



Anda bisa mengunduh framework Qt untuk TIZEN, integrasi Qt untuk TIZEN dan aplikasi Qt Control untuk TIZEN dari blog resmi proyek Qt for Tizen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar