Sabtu, 22 Juni 2013

Perbedaan logo dan merek TIZEN Genie dan TIZEN Pinwheel


Sejak diluncurkan pada September 2011 oleh Linux Foundation, proyek TIZEN telah dua kali mengganti logo dan merek untuk menggambarkan identitasnya. Dari setiap logo ini mengandung pengertian yang berbeda dan arah tujuan yang ingin dicapai.


TIZEN Genie (2011-2012)

TIZEN awalnya memang bukan istilah yang akrab, dan baik itu Linux Foundation, Samsung dan Intel juga tidak pernah menjelaskan secara resmi arti dari TIZEN ke publik. Namun ketika kita tanya, pihak yang terkait mengatakan bahwa nama TIZEN diciptakan dengan menggabungkan konektivitas dari "TIE," aktivitas dari "RISE" dan kualitas meditatif dari "ZEN."

Arti dari kata TIZEN mungkin juga tergambar dalam maskot TIZEN Genie dalam video dibawah ini. Maskot ini pertama kali muncul saat Tizen Summit Asia 2011 yang berlangsung di Beijing pada awal Desember 2011.

Logo dan merek TIZEN Genie diciptakan oleh Tipping Gardner, sebuah perusahaan konsultan strategi dan desain merek yang berbasis di New York. Martyn Tipping, pendiri dari Tipping Gardner, mengatakan: "Tantangan terbesar pada proyek ini adalah bahwa TIZEN itu akan bersaing dengan sistem operasi Android dan Apple, jadi itu penting sebagai nama baru dan merek baru, dimana TIZEN memiliki kepribadian instan - jadi kami menciptakan TIZEN Genie untuk memberikan kata dan merek yang langsung bermakna dan dikenali dengan baik."




TIZEN Pinwheel (2012-Sekarang)

Bersamaan dengan pengenalan desain baru dari website resmi untuk proyek TIZEN pada 20 November 2012, ikut juga diluncurkan merek terbaru dari TIZEN beserta logo dan pedoman penggunaannya. Logo TIZEN baru yang lebih modern dan dinamis dibuat untuk menggambarkan TIZEN secara alami adalah open source dan identitas yang ditampilkan telah dibuat untuk menangkap sumber terbuka yang memungkinkan kebebasan dan telah dirancang untuk menjadi fleksibel dan bebas dikustomisasi.


Sebagai obyek yang sederhana, dan dipahami secara global, logo baru Pinwheel mencakup semua yang merepresentasikan tentang TIZEN. Pinwheel ini "simple" untuk memulai dan "magical" untuk digunakan, dia datang ke kehidupan untuk berinteraksi dengan manusia dan memungkinkan kita untuk berhubungan dengan satu sama lain. Sebagai obyek yang "free" yang akan dibuat oleh siapa pun, Pinwheel mencerminkan sifat open source dari produk TIZEN.

Logo dan merek TIZEN yang baru ini diciptakan oleh SomeOne, sebuah perusahaan desainer kreatif yang berbasis di London. Simon Manchipp, pendiri SomeOne, mengatakan: "TIZEN adalah nama merk untuk sebuah sistem operasi open source baru. Karena merupakan platform open source, SomeOne menciptakan sebuah strategi untuk visualisasi identitas merek global yang bersifat open source."



Pedoman merek TIZEN dan penggunaannya secara lengkap bisa dilihat disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar